Wilder Penfield, Si Ahli Bedah Otak yang Jadi Google Doodle

0

Beepdo.com, Jakarta Ada sosok pria yang menghiasi halaman utama mesin pencarian Google pada Jumat (26/1/2018). Ternyata pria tersebut adalah Wilder Pefield. Hari itu Google secara istimewa merayakan hari lahir Penfield yang ke-127 tahun dengan memunculkannya di Google Doodle.

Buat kamu yang masih asing dengan namanya, mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan semua penemuannya yang sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dunia. Penfield dikenal sebagai seorang ahli bedah dan peneliti otak yang memiliki prestasi luar biasa hingga orang-orang memberikan julukan “Orang Kanada paling hebat”.

Peinfield adalah ahli bedah dan peneliti otak yang membawa kemajuan dalam teknik memetahan dan operasi otak untuk mengobati epilepsi. Tak hanya itu, bersama rekannya Herbert Jasper, Penfield mengembangkan sebuah perawatan bernama Montreal Procedure (Prsedur Montreal)—perawatan untuk pasien yang kejang otak.

Penfield sendiri sebenarnya lahir di Spokane, Washington, Amerika Serikat. Ia tumbuh di Hudson Wisconsin, lalu sekolah di Princeton. Setelah itu ia melanjutkan kuliah di Merton College, Oxford mengambil studi neuropatologi. Tak sampai di situ saja pendidikan yang ditempuh oleh Penfield.

Wilder Penfield, Si Ahli Bedah Otak yang Jadi Google Doodle. (Foto: independent.co.uk)

 

Ia juga meraih Rhodes Scholarship yang membuatnya harus belajar bertahun-tahun di Oxford, Spanyol, Jerman, New York, hingga akhirnya menjadi ahli bedah saraf pertama di Montreal. Wilder Penfield menghembuskan napas terakhirnya pada 5 April 1976 di Rumah Sakit Royal Victoria, Montreal pada usia 85 tahun. Ia meninggal karena kanker perut yang dideritanya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
712kSubscribers
90.2kFollowers