Cafe Code: Kesetaraan Dalam Hukum Masih Sering Dipertanyakan, Ini Penjelasan Zul Armain Aziz

0

Beepdo.com – Kesetaraan atau kesamaan posisi dan perlakuan di depan hukum atau equality before the law tampaknya masih menjadi harapan. Masih banyak orang yang bertanya apakah asas kesetaraan ini bisa diberlakukan untuk semua.

Tak pandang pejabat, pengusaha, rakyat biasa atau pun penegak hukum sendiri. Keadaan inilah yang diulas oleh Praktisi Hukum kita Bang Zul Armain Aziz, SH, MH dalam Cafe Code.

“UUD negara kita menjamin hak-hak, setiap orang mempunya kesamaan di mata hukum. Kesamaan di mata hukum dan pemerintahan,” ujar Zul Armain kepada Beepdo.

“Kalau kesamaan di mata hukum tidak ada diskriminasi, walau dia pejabat, tokoh masyarakat atau alim ulama,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, dijelaskan oleh Zul Armain jika dalam pelaksanaannya kadang hukum berjalan tidak seimbang. Ia pun lantas memberi contoh perlakukan kepada pencuri ayam dan pencuri uang negara atau koruptor yang berbeda.

“Hukum ini kadang-kadang tajam ke bawah tumpul ke atas. Masyarakat kecil yang seharusnya mendapat bantuan hukum justru tidak mendapat perlindungan hukum,” sebut Zul.

“Perkara korupsi, perlakuannya khan beda dengan maling ayam, maling sandal, itu khan beda banget. Padahal di UU dijelaskan tidak ada perbedaan di antara mereka,” Zul melanjutkan penjelasannya.

Sayangnya masih menurut Zul, di Indonesia kita seringakali masih melihat masih banyak lapisan masyarakat yang masih belum memahami dengan baik perihal kesetaraan dalam hukum. Yang tak memahami tadi justru datang dari kalangan pejabat itu sendiri.

“Kita mengharapkan memberi pencerahan kepada masyarakat, masyarakat menerima pencerahan itu. Tapi justru pejabat-pejabatnya yang sering tidak menerima kenyataan itu,” pungkas Zul.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
343Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers