Supaya Awet, Ini Tips Merawat Batik Tulis

0

Beepdo.com, Jakarta Batik tulis memang lebih istimewa dibandingkan dengan batik print. Namun karena keistimewaan tersebut tentu saja cara perawatan batik tulis berbeda dari jenis batik yang lainnya. Supaya batik tulis tidak luntur dan warnanya tetap bertahan seperti pertama kamu beli kamu harus mencucinya dengan hati-hati.

Banyak orang yang tahu jika batik tulis istimewa, tapi banyak orang yang sering melakukan kesalahan dengan mencuci batik dicampur dengan pakaian lainnya, ditambah nyucinya di mesin cuci. Kalau seperti itu sudah dapat dipastikan kalau batik tulis kamu tidak akan bertahan lama. Nah, supay abatik tulis kamu awet, berikut ini adalah beberapa tips nya seperti dilansir dari Batik.or.id.

1. Cuci Kain Batik Tulis dengan Shampo Rambut

Supaya warna batik berbahan sutra dan serat tidak cepat pudar, awet dan tetap tampak indah, sebaiknya cuci kain batik dengan shampoo rambut. Caranya larutkan terlebih dahulu shampo hingga tidak ada bagian yang mengental. Setelah itu kain batik dicelupkan.

Supaya Awet, Ini Tips Merawat Batik Tulis. (Kuka.co.id)

Kamu juga bisa menggunakan shampo khusus yang memang diperuntukan untuk membersihkan kain batik yang sudah banyak dijual di pasaran. Batik tulis tidak boleh dicuci dengan deterjen. Ketika baju batikmu tidak terlalu kotor kamu bisa mencucinya dengan air hangat saja. Kalau pun ingin menggunakan sabun supaya bersih bisa pakai sabun mandi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat