5 Manfaat Telur Yang Wajib Kamu Tahu, Salah Satunay Bisa Untuk Diet

0

Beepdo.com, Jakarta – Sekelompok peneliti telah mengemukan bahwa orang yang tidak mengonsumsi telur cenderung kekurangan Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin B12. Telur menyumbang 10-20 persen folat dan 20-30 persen Vitamin A, Vitamin E, dan Vitamin B12 bagi yang mengonsumsinya.

Telur menyediakan tubuh Anda paket asam amino yang dibutuhkan untuk membangun massa otot dan memperbaiki jaringan. Pakar nutrisi bahkan menganjurkan Anda untuk makan tiga butir telur utuh per hari untuk diet seimbang.

Dengan mengonsumsi tiga butir telur setiap hari, berikut manfaat yang akan tubuh Anda peroleh:

1. Melindungi penglihatan

Telur (Vebma)

Menurut para ahli, kuning telur mengandung karotenoid yang membantu mencegah degenerasi makula (penyebab utama kebutaan). Karotenoid lebih banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau, tapi penelitian menunjukkan bahwa tubuh lebih mampu menyerapnya dengan baik dari telur. Selain itu, kuning telur juga mengandung zeaxanthin, antioksidan yang melindungi mata dari radiasi ultraviolet yang berbahaya.

2. Melindungi kesehatan tulang

Telur rebus (HelloSehat)

Telur rebus dapat menjadi pilihan hidup sehat dengan biaya murah
Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Jika tubuh kekurangan zat ini, risiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya pun meningkat. Bila Anda tak punya cukup waktu untuk berjemur, telur bisa menjadi cara yang mudah untuk memasok tubuh dengan jumlah vitamin yang layak.

3. Melawan defisiensi zat besi

Telur (NationalGeographic)

Kekurangan zat besi ditandai dengan seringnya sakit kepala, kelelahan, dan mudah tersinggung. Jika Anda menderita kekurangan zat besi, telur dapat membantu Anda. Ahli gizi mengklaim bahwa 2 butir telur mengandung 2 miligram zat besi.

4. Mempertahankan berat badan sehat

Telur (Meddy)

Telur dapat membantu Anda meningkatkan rasa kenyang dan mengendalikan rasa lapar dengan mudah. Artinya, telur bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap sehat. Jumlah protein tinggi yang ditemukan pada telur menyediakan sumber energi yang stabil dan berkelanjutan untuk tubuh Anda.

5. Perkembangan otak yang sehat

Telur burung unta (Money.Id)

Kuning telur mengandung sejumlah kolin yang tinggi. Ini baik untuk memperbaiki fungsi otak. Senyawa ini sangat berguna dan penting untuk perkembangan otak yang sehat.

Itulah 5 manfaat telur untuk kesehatan kamu. Penting untuk dicatat, 90 persen kalsium dan zat besi telur ditemukan di kuning telur. Di sisi lain, putih telur mengandung hampir setengah dari protein telur itu sendiri.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers