Keren, Di Tempat Ini Hiu Martil Diternak! Kamu Juga Bisa Lihat Kura-kura Raksasa

0

Beepdo.com, Jakarta – Selama jutaan tahun, hiu martil yang baru lahir tumbuh di tempat pelestarian yang dilindungi oleh rawa bakau dan terumbu karang di Kepulauan Galapagos, Ekuador. Lokasi ini membuat mereka aman dari ancaman manusia.

Namun, hingga November lalu, para ahli biologi tidak tahu jika hiu ini memiliki tempat persembunyian yang menyimpan rahasia kepulauan terpencil tersebut. Berjarak 1000 kilometer dari pantai Pasifik di Amerika Selatan.

Kepala hiu martil (Ajisu)

Untuk melindungi hiu martil pun, pemerintah Ekuador, menambah lapisan proteksi ekstra pada 2016. Sebuah zona suaka seluas 38 ribu kilometer persegi antara Kepulauan Darwin dan Wolf di bangun. Di mana semua aktivitas memancing dilarang di lokasi ini. Wilayah tersebut memiliki populasi hiu terpadat di dunia.

Jose Marin, ahli biologi di Charles Darwin Foundation, lembaga penelitian ilmiah internasional, mengatakan, Ekuador sedang membuat ‘upaya titanic’ di bidang konservasi hiu. Peneliti memonitor dan menandai hiu martil dengan memasang alat pelacak elektronik pada tubuh mereka.

Bermain dengan hewan laut di Galapagos, Ekuador (NatureGalapagos&Ecuador)

Studi ini kadang menggunakan satelit pelacak yang memungkinkan untuk mengetahui di mana hiu-hiu tersebut ditangkap saat meninggalkan cagar alam laut. Juga mempermudah kami untuk memberi tahu negara lain agar mereka bisa ikut membantu melindungi hiu.

Pada Agustus lalu, kapal berbendera Tiongkok ditangkap di perairan Galapagos dengan 300 ton ikan, termasuk hiu martil. Pengadilan Ekuador yang memberlakukan hukuman atas kejahatan lingkungan tersebut. Sang kapten dan anggotanya diganjar tiga tahun penjara. Sementara, pemilik kapal wajib membayar denda sebesar 6 juta dollar AS.

Iguana laut (Vice)

Di pulai ini kamu tak hanya dapat melihat hiu martil saja, tapi ada iguana darat, iguana laut, kura-kura raksasa Galapgos, 13 spesies endemis burung kutilang. Selain itu, ada pinguin Galapagos dan burung laut yang tak terbang.

Galapagos sendiri sebenarnya adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 13 pulau-pulau berapi dan bebatuan. Galapagos terletak di Samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer sebelah barat pesisir Amerika Selatan.

Bermain dengan kura-kura raksasa di Galapagos, Ekuador (Disneypark.Disney)

Secara politis, Galapagos merupakan bagian dari Ekuador. Pulau tertuanya berusia sekitar 4 juta tahun dan yang termuda masih sedang dalam proses pembentukan. Galapagos memang merupakan salah satu daerah gunung berapi yang paling aktif di dunia.

Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar dan penelitian yang dilakukan Charles Darwin yang membawanya menemukan teori seleksi alam. Kepulauan ini dibagi kepada dua belahan: utara dan selatan khatulistiwa. Garis khatulistiwa melewati bagian utara pulau terbesar, Isabela.

Galapagos ditetapkan sebagai cagar alam pada 1959, melindungi 97,5% wilayah kepulauan ini. Sisanya diberikan kepada pemukiman manusia yang sudah ada pada waktu itu. Sekitar 1.000 hingga 2.000 orang tinggal di sana. Pada 1972 sebuah sensus dilakukan dan sejumlah 3.488 jiwa tercatat. Hingga 1980-an, jumlah ini telah meningkat hingga 15.000 orang.

Kura-kura raksasa di Galapagos, Ekuador (SwimTrek)

Pada 1986 lautan di sekitarnya dinyatakan sebagai cadangan kelautan. UNESCO menetapkan Galapagos sebagai Situs Warisan Dunia pada 1978[2] yang kemudian diperpanjang pada Desember 2001 untuk memasukkan wilayah cadangan kelautan. Yayasan Charles Darwin yang didedikasikan untuk pemeliharaan kepulauan ini didirikan di Belgia pada 1959.

Ingin berenang dengan hiu martil dan bermain sama kura-kura raksana, segera kunjungi Galapagos, Ekuador ya. Jangan lupa berselfie dengan mereka.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
712kSubscribers
90.2kFollowers