Jengkol, Meski berbau Tidak Sedap Tapi Kaya Manfaat

0

Beepdo.com, Jakarta – Siapa sangka makanan yang memiliki impresi buruk karena baunya yang mengganggu ini, rupanya jengkol menyimpan banyak manfaat sangat baik bagi kesehatan. Terlebih, bagi mereka yang pintar mengolahnya sebenarnya makanan ini akan terasa nikmat seperti kentang dengan tekstur sedikit lebih keras.

Apa saja manfaat yang ada dalam jengkol, berikut kami merangkumnya:

1. Mengandung aktioksidan tinggi

Jengkol (Bukalapak)

Jengkol menyimpan banyak antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker serta penyakit kronis lainnya. Makanan tersebut mengandung polifenol, terpenoid, lakaloid dan flavoniod yang mampu menangkal masuknya radikal bebas secara berlebihan. Sebaiknya konsumsi jengkol maksimal 3 kali dalam sebulan dan jangan berlebihan.

2. Memenuhi asupan nutrisi

Jengkol (BlogAnakKolong)

Menurut Cindiawaty Pudjiadi, selaku spesialis gizi klinik, jengkol mengandung 151 kalori, 1,76 gram serat, 14,19 gram protein, dan 1,45 gram lemak. Kandungan tersebut mampu memenuhi asupan nutrisi di dalam tubuh, terutama kadar protein dan serat yang bermanfaat melancarkan pencernaan. Sayangnya, jika Anda mengosumsinya secara berlebihan, maka akan berimbas pada kerusakan ginjal.

3. Mengontrol gula darah

Jengkol (HelloSehat)

Mengonsumsi jengkol pada takaran yang tepat, mampu mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya diabetes. Jengkol mengandung kelenjar langerhans yang menghasilkan hormon insulin dan biasanya berperan mengubah gula darah (glukosa) di dalam hati menjadi gula otot (glikogen). Jika Anda kekurangan hormon insulin maka kemungkinan terjadinya diabetes militus dan kencing manis menjadi semakin besar.

4. Memperkuat tulang

Jengkol (TrubusLife)

Selain mengandung vitamin C, A, B1 dan B2 yang kaya akan antioksidan, jengkol juga menyimpan kalsium serta fosfor. Kedua jenis zat ini mampu membantu pertumbuhan dan kekuatan tulang yang sangat baik mencegah osteoporosis serta bermanfaat memperkuat gigi hingga usia tua.

5. Memperlancar aliran darah

Jengkol (IDNTimes)

Tingginya serat dalam jengkol mampu membantu Anda terhindar dari masalah pencernaan seperti susah buang air besar. Selain itu, makanan ini menyimpan kandungan mineral cukup tinggi yang berfungsi membuka jaringan pembuluh darah yang menyempit dan membuat aliran lebih lancar dan terhindar dari penyakit jantung.

Itulah 5 manfaat jengkol, ya guys. Penting untuk dicatat!, yang namanya berlebihan itu sangat tidak dianjurkan. Jadi konsumsilah jengkol dalam takaran yang tidak berlebihan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
712kSubscribers
90.2kFollowers