Beepdo.com, Jakarta Kamu sudah tahu belum kalau penerapan tilang elektronik atau Electronic Law Enforcement (ETLE) akan semakin meulas di Indonesia. Calon Kapolri Komjen Lityo Sigit sendiri juga telah mengisyaratkan akan lebih mengedepankan penegakkan hukum secara elektronik di bidang lalu lintas.

Tidak hanya di Jakarta ETLE juga sudah pernah diterapkan di Kota Solo, Surabaya dan Klaten. Pengendara motor yang melanggar aturan lalu lintas bisa kena tilang ETLE per 1 Februari 2021 menurut Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Rincian Denda Tilang Elektronik, Mulai Berlaku Februari 2021. (neighbourlist.com)

“Rencana mulai tanggal 1 Februari 2020 dari jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melaksanakan penindakan ETLE terhadap pengemudi sepeda motor,” ungkap Direktur Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf seperti dikutip dari Antara News. Yusuf juga menjelaskan, penindakan terhadap kendaraan roda dua menggunakan siste ETLE akan dilakukan di ruas jalan yang telah terpasang rambu-rambu ETLE.

Penindakan dalam bentuk tilang elektronik akan mulai diberikan per 1 Februari, namun untuk saat ini pelanggaran tetap mendapatkan surat berisi bukti pelanggaran yang dilakukan, hanya saja surat tersebut masih berupa peringatan. “Kita kirim pemberitahuan ke alamat pelanggar bahwa pada tanggal sekian saudara melaksanakan pelanggaran, jenis pelanggarannya seperti ini. Kita belum tindak secara tilang, masih pemberitahuan,” jelasnya.

1 of 2 Next