Bahaya UV Sterilizer pada Kulit Manusia, Bukan untuk Cuci Tangan

0

Beepdo.com, Jakarta Di masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini tentunya banyak orang yang berusaha melakukan berbagai cara supaya tidak terkena Covid-19. Mulai dari minum vitamin, minum jamu tradisional, rajin cuci tangan hingga yang kini lagi heboh mencuci tangan dengan UV sterilizer.

Pertanyaannya apakah UV sterilizer memang ampuh untuk membunuh kuman termasuk virus Corona? Selama bertahun-tahun belakangan rumah sakit dan laboratorium menggunakan sinar ultraviolet untuk menjaga kebersihan peralatan dan permukaan.

Dilansir dari KlikDokter, belum lama ini penelitian dari Columbia University menemukan bahwa sinar UV berpotensi menghentikan penyebaran virus Corona. Studi yang diterbitkan pada April 2020 tersebut menjelaskan, sinar UVC dapat membantu menyingkirkan dua jenis virus Corona musiman di udara.

Bahaya UV Sterilizer pada Kulit Manusia, Bukan untuk Cuci Tangan. (Freepik.com)

Kini para peneliti tengah menguji secara khusus terhadap virus Corona yang menyebabkan Covid-19. Namun kamu harus tahu juga kalau manfaat sinar UV—khususnya UVC—dalam membunuh kuman hanya berlaku untuk benda atau ruangan saja, tidak pada kulit manusia.

“Tidak ada bukti (sinar UV) untuk kulit tangan. Malah, sinar UVC sangat tidak disarankan untuk berkontak dengan kulit atau mata secara langsung . ini karena UVC bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti terbakar,” jelas dr. Devina Irene Putri seperti dikutip dari KlikDokter.com.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers