Ternyata Begini Asal Usul Nama Raja Ampat

0

Beepdo.com, Jakarta – Nama Raja Ampat sudah tersohor kemana-mana. Destinasi wisata yang bikin semua orang mengunjunginya ini ternyata punya sejarah yang unik.

Raja Ampat merupakan salah satu wilayah kepulauan di Provinsi Papua Barat yang kaya akan wisata bahari. Tak ada catatan sejarah baku soal asal-usul terbentuknya nama Raja Ampat. Sebab, ada sejumlah versi yang hingga kini belum diketahui kebenarannya.

Pulau Pianemo, Raja Ampat (JourneyEra)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Yusdi N Lamatenggo membenarkan jika banyak versi mengenai sejarah nama Raja Ampat. Tiap daerah punya versi sendiri.

Salah satu versi yang paling banyak diketahui masyarakat, nama Raja Ampat tak lepas dari kisah para raja dari empat pulau terbesar yakni Waigeo, Salawati, Misool dan Batanta. Pimpinan di tiap gugusan pulau itulah yang menjadi awal penamaan Raja Ampat.

Raja Ampat (Qubicle)

Sementara menurut mitos masyarakat setempat, asal mula nama Raja Ampat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.

Dalam perjalanan sejarah, wilayah Raja Ampat telah lama dihuni oleh masyarakat bangsawan dan menerapkan sistem adat Maluku. Dalam sistem ini, masyarakat sekumpulan manusia. Tiap desa dipimpin oleh seorang raja. Semenjak berdirinya lima kesultanan muslim di Maluku, Raja Ampat menjadi bagian klaim dari Kesultanan Tidore. Setelah Kesultanan Tidore takluk dari Belanda, Kepulauan Raja Ampat menjadi bagian klaim Hindia Belanda.

Suku maya, Raja Ampat (GoodNewsFromIndonesia)

Suku asli yang mendiami pulau terbesar di Raja Ampat, Waigeu, yakni suku Maya. Suku maya adalah sebutan untuk suku asli Raja Ampat yang berasal dari kata mam dan ya yang artinya, bapa sesungguhnya saya ada. Suku maya berasal dari teluk mayalibit berarti kamar atau ruangan. Kamar untuk orang-orang maya.

Orang maya belum keluar dari pedalaman menuju pantai hingga abad ke-19. Mereka tinggal di hutan dan gunung. Mereka juga tinggal di rumah atap sederhana. Kemudian datang orang Biak, adalah penjelajah di laut. Munculnya suku biak membuat orang maya yang baru turun ke pantai mengenal perahu lebih jelas. Kemudian pancing yang awalnya hanya sejenis tali atau benang dari pohon genemo membuat mereka semakin kenal alat memancing.

Keindahan Wisata Bawah Laut Raja Ampat (AprilianWicaksono)

Itulah asal usul nama Raja Ampat. Sempatkan waktu, ayo segera kunjungi surga di Indonesia bagian timur ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers