Kini di Filipina Ada Hari Hijab Nasional

Beepdo.com, Jakarta Masyarakat di Filipina kini memiliki satu hari raya yang baru, yakni Hari Hijab Nasional di Filipina yang baru ditetapkan pada 1 Februari 2021. Islam memang bukan agama mayoritas di Filipina, namun kini DPR Filipina menetapkan adanya Hari Hijab Nasional dan penetapan tersebut kini menjadi sejarah baru bagi Filipina.

Penetapan Hari Hijab Nasional tersebut menjadi langkah bersejarah bagi Filipina berlandaskan dorongan untuk meningkatkan pemahaman Islam serta bentuk toleransi umat beragama di Filipina. Dewan Perwakilan Rakyat Filipina menyetujui Rancangan Undang-undang penetapan 1 Februari sebagai Hari Hijab Nasional.

Kongres Filipina dengan 203 suara bulat dilaporkan telah menyetujui adanya Hari Hijab Nasional di Filipina. RUU yang membahas tentang Hari Hijab Nasional di Filipina bernomor 8249 telah dibawa ke Senat Filipina untuk disahkan. Regulasi tersebut jelas akan meningkatkan respon dan perhatian yang lebih besar di kalangan non-muslim tentang praktik dan nilai hijab.

Kini di Filipina Ada Hari Hijab Nasional, Jatuh Pada 1 Februari. (Freepik.com)

Adanya Hari Hijab Nasional ini diharapkan bis amengajak wanita muslim dan non-muslim sama-sama merasakan manfaat mengenakan hijab. Selain itu penetapan Hari Hijab Nasional juga bertujuan untuk menghentikan diskriminasi terhadap penggunaan hijab yang selama ini terjadi di Filipina. Selain itu, Hari Hijab Nasional juga bertujuan mengatasi kesalahpahaman yang beredar terkait pilihan berbusana.

“Undang-undang ini berupaya mempromosikan pemahaman yang lebih besar di kalangan non-Muslim tentang praktik dan nilai mengenakan jilbab sebagai perilaku sopan santun dan martabat bagi perempuan Muslim dan mendorong wanita Muslim dan non-Muslim merasakan manfaat saat mengenakannya,” bunyi kutipan RUU itu seperti dikutipdari Arab News.

Kini di Filipina Ada Hari Hijab Nasional, Jatuh Pada 1 Februari. (Freepik.com)

“RUU ini juga berupaya melindungi hak kebebasan beragama bagi perempuan Muslim Filipina dan mempromosikan toleransi dan penerimaan agama beserta gaya hidupnya di seluruh negeri.” RUU tersebut juga meminta kepada Komisi Nasional Muslim Filipina untuk merayakan Hari Hijab Nasional dengan mempromosikan serta meningkatkan kesadaran tentang hijab di Filipina.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers