Hari Kanker Sedunia, Ini Sejarahnya

Beepdo.com, Jakarta Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari. Peringatan tahunan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit kanker. Berdasarkan sejarahnya, Hari Kanker Sedunia dimulai pada tahun 2000, pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) dunia melawan kanker pertama yang diadakan di Paris.

Saat itu para pemimpin Lembaga pemerintahan dan organisasi kanker menyepakati untuk menandatangani Piagam Paris Melawan Kanker. Hari Kanker Sedunia sendiri diinisiasi oleh Union for International Cancer Control (UICC). Saat Hari Kanker Sedunia berlangsung masyarakat diseluruh dunia mengadakan berbagai acara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya kanker.

Hari Kanker Sedunia, Ini Sejarahnya. (Freepik.com)

Tak hanya secara offline, berbagai peringatan bahaya kanker pun dilakukan melalui online, seperti di media sosial. Kalimat-kalimat berupa fakta-fakta penyakit kanker serta foto ataupun video para penderita ataupun survivor kanker dibuat untuk menjadi penyemangat dan juga pengingat akan bahaya kanker.

Tahun 2021 ini, tema Hari Kanker Sedunia masih sama dengan dua tahun sebelumnya, yakni “I Am And I Will”, yang bisa diartikan sebagai sebuah komitmen dalam diri untuk melakukan sebuah tindakan. Kemudian sub tema tahun ini adalah “Together, all our actions matter”, yang diharapkan semua masyarakat bisa bersama-sama melakukan sesuatu untuk mencegah, mendeteksi, serta upaya pengobatan kanker.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.