Beberapa Tahun Lalu Jadi Fenomen, Apa Kabar Vape di Tahun 2021?

Beepdo.com, Jakarta Beberapa tahun yang lalu vape, sebutan untuk rokok elektrik ini sangat popular dikalangan orang Indonesia. Meskipun kehadirannya masih menjadi pro kontra apakah efek penggunaannya sama dengan rokok konvensional atau tidak. Lalu kira-kira bagaimana keberadaan vape sekarang?

Dikutip dari Consumer Advocates for Smoke Free Alternative, rokok elektrik sudah ada sejak tahun 1930. Hal tersebut dapat dibuktikan dari adanya dokumen berisi hak paten rokok elektrik yang dimiliki oleh Joseph Robinson. Namun memang saat itu tidak diketahui apakah rokok elektrik dipasarkan atau tidak.

Beberapa Tahun Lalu Jadi Fenomen, Apa Kabar Vape di Tahun 2021? (Freepik.com)

Dilansir dari Otoexpo.com, vape mulai masuk di Indonesia pada tahun 2012 dan hingga kini vape pun masih cukup digemari. Hal tersebut dibuktikan dari peningkatan pengguna rokok elektronik di Indonesia.

Kepala Subdirektorat Program Pengembangan Industri Minuman, Hasil Tembakau, dan Bahan Penyegar Kemenperin, Mogadishu Djati Ertanto melaporkan, penerimaan cukai dari Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) mencapai Rp680,3 miliar pada tahun lalu. Angka itu naik tajam 59,3 persen dari penerimaan cukai di 2019 yang sebesar Rp427,1 miliar.

“Ini lumayan untuk penerimaan negara, meski memang belum bisa menggantikan (penerimaan cukai) rokok konvensional,” ujarnya dalam diskusi virtual Bedah Riset: Presepsi Konsumen di Indonesia Terhadap Penggunaan Rokok Elektrik, beberapa waktu lalu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat