Indonesia Dilarang Masuk Arab Saudi! Bagaimana Nasib Haji 2021?

Beepdo.com, Jakarta Pandemi virus Corona mau tidak mau mempengaruhi perjalanan umroh dan juga haji ke Arab Saudi. Di tahun 2020 kegiatan umroh dan haji tidak bisa dilaksanakan lalu di awal tahun 2021 umroh kembali diperbolehkan untuk masyarakat Indonesia. Namun peraturan tersebut berubah kembali.

Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan masuk pada 20 negara termasuk Indonesia pada Selasa (2/2/2021). Aturan tersebut mengakibatkan perjalanan umroh di tahun 2021 kembali tertunda.

“Dari ketentuan Arab Saudi ini artinya keberangkatan umroh sepertinya akan ditunda sampai larangan ini dicabut,” jelas Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Zakaria seperti dikutip dari Detik.com, Jumat (5/2/2021).

Indonesia Dilarang Masuk Arab Saudi! Bagaimana Nasib Haji 2021? (middleeasteye.net)

Selain Indonesia ada 19 negara lainnya yang juga dilarang masuk ke Arab Saudi, yakni Argentina, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Brasil, Jerman, Inggris. Lalu ada pula Jepang, Italia, Pakistan, Irlandia, Mesir dan India. Kebijakan tersebut diambil untuk mencegah penyebaran virus Corona, Covid-19 di Arab Saudi.

Sebelum penetapan larangan masuk Arab Saudi bagi Indonesia, umroh 2021 sempat boleh diberangkatkan pada 4 Januari 2021. Perjalanan umroh tertunda pada 21 Desember 2020 saat ditemukan virus Corona jenis baru yang dikhawatirkan akan berdampak buruk pada penyebaran Covid-19 Arab Saudi.

Arab Saudi diketahui menjadi salah satu dari empat negara yang paling aman dikunjungi di tengah pandemi virus Corona yang hampir melanda negara-negara di seluruh dunia. Namun, pada 2 Februari lalu, kasus Covid-19 di Saudi meningkat, jumlahnya mencapai 310 kasus dan empat kasus meninggal dunia.

Keputusan Arab Saudi yang melarang 20 negara masuk ke negaranya, termasuk Indonesia tentunya juga akan berimbas kepada penyelenggaraan haji. Bisa jadi haji tahun ini kemungkinan juga kembali ditiadakan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
19.9kFans
345Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers