Semiotika Teknologi Pembelajaran Melalui Zoom Meeting pada Masa Pandemi

Beepdo.com – COVID-19 mengubah wajah dunia, tak terkecuali dunia pendidikan. Pandemi ini membuat banyak negara harus sementara menutup sekolah. Pembelajaran tidak dapat dilakukan secara langsung bertatap muka.

Pandemi COVID-19 ini telah menghambat kegiatan belajar mengajar, interaksi antara guru dan siswa secara langsung tidak bisa dilaksanakan, karena harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19, salah satunya sosial distance. Penyampaian materi yang tidak dapat dilakukan secara langsung, membuat penggunaan teknologi semiotika sangatlah berpengaruh dalam proses pembelajaran.

Ilustrasi zoom meeting (istimewa)
Ilustrasi zoom meeting (istimewa)

Guru harus lebih kreatif dalam memberikan materi pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Sekarang ini banyak aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan tersebut. Penggunaan aplikasi yang tepat dapat membantu memudahkan komunikasi antara guru dan siswa untuk melakukan pembelajaran dengan maksimal dengan jarak jauh.

Pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mempermudahkan guru agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan baik pada masa pandemi ini yaitu dengan adanya kurikulum darurat.

Ilustrasi belajar daring. (istimewa)
Ilustrasi belajar daring. (istimewa)

Aplikasi zoom meeting merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran secara daring, melalui zoom meeting banyak kemudahan yang dapat dilakukan untuk berdiskusi atau mengajar langsung jarak jauh.

Dalam satu kelas biasanya terdiri lebih dari 20 orang, zoom meeting meng-cover banyaknya anggota kelas, sehingga memudahkan kelas bergabung dalam jumlah yang banyak. Selain itu melalui zoom meeting kita dapat berkomunikasi langsung melalui konfrensi video.  COVID-19, memang membuat banyak hal dilakukan dengan menggunakan teknologi.

Guru dan siswa seakan bertemu secara langsung melalui media ini. Siswa juga akan merasa lebih semangat dalam melakukan pembelajaran jarak jauh, karena biasanya zoom meeting ini merupakan hal yang baru buat siswa terutama siswa sekolah dasar.

Guru sebagai host memberikan link zoom meeting kepada siswa untuk dapat bergabung di dalam kelas, siswa juga dengan mudah mengakses link tersebut. Ada banyak fitur yang bisa digunakan dalam zoom meeting, Misalnya, adanya sebuah ikon mikrofon dan kamera pada saat melakukan video conference pada pembelajaran daring menandakan sebuah makna bahwa seorang guru atau siswa yang ingin berbicara dan membagikan gambar kepada yang lainnya.

Susielva ,S.Pd.SD (Mahasiswa pascasajana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.Hamka)
Susielva ,S.Pd.SD (Mahasiswa pascasajana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.Hamka)

Penulis: Susielva ,S.Pd.SD
( Mahasiswa pascasajana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.Hamka )

Selain itu penggunaan emoji yang tidak kalah penting dalam zoom meeting, ada berbagai emoji yang dapat digunakan guru atau siswa untuk dapat berkomunikasi. Dengan emoji tersebut kita tidak perlu mengatakan secara langsung apa yang kamu rasakan, cukup dengan mengetikan emoji tersebut.

Sedangkan untuk membagikan materi guru dapat menggunakan fitur share screen, sehingga siswa dapat menyimak materi pembelajaran dengan jelas. Selain itu zoom meeting memiliki kualitas suara dan gambar yang tinggi sehingga suara dan gambar yang diterima akan jelas diterima oleh semua anggota zoom meeting.

Ilustrasi Zoom Meeting (istimewa)
Ilustrasi Zoom Meeting (istimewa)

Disamping kelebihan-kelebihan tersebut, zoom meeting juga memiliki beberapa kekurangan diataranya penggunaan kouta yang besar, sehingga kadang menjadi kendala untuk guru dan siswa dalam pembelajaran yang menggunakan aplikasi ini.

Sinyal juga merupakan kelemahan dari pembelajaran daring ini, sehingga sewaktu-waktu terkadang aplikasi dapat terputus atau menghilang. Waktu yang singkat hanya 40 menit di versi gratis dalam setiap pertemuan juga kekurangan dari zoom meeting ini, dengan waktu yang singkat guru dan murid kurang leluasa dalam melakukan pembelajaan. Sementara untuk versi berbayar, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Saat ini, aplikasi zoom meeting versi gratis, masih menjadi favorit proses belajar mengajar daring,

Dari beberapa kekurangan yang ada pada aplikasi ini, kita dapat mencari solusinya dengan menambahkan beberapa aplikasi lain dalam semiotika teknologi pembelajaran di masa pandemi, misalnya aplikasi Whatsapp untuk pemberian tugas yang belum terselesaikan pada kelas zoom meeting sebelumnya.

Komunikasi simiotika dengan zoom meeting bisa digunakan untuk membagikan materi pelajaran yang ada dan Whatsapp digunakan untuk pemberian tugasnya.

COVID-19, memang membuat banyak perubahan, termasuk di dunia pendidikan. Namun bukan berarti kendala yang ada, menjadikan proses belajar mengajar terhambat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers