Listrik Pascabayar vs Prabayar, Mana yang Lebih Murah?

Beepdo.com, Jakarta Banyak orang yang mungkin kini masih ragu menentukan apakah memilih listri pascabayar atau prabayar. Listrik memang menjadi bagian terpenting dari sebuah rumah. tak hanya sebagai sumber penerangan, tetapi listrik juga menjadi penopang segala kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat.

Di Indonesia, aliran listrik disediakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Untuk sistem pembayaran tagihan listrik sendiri ada dua, pascabayar dan prabayar, yakni sitem pembayaran yang mirip dengan pengisian pulsa nomor handphone. Keduanya sama-sama memiliki keuntungan dan kekuranga.

Beberapa keuntungan menggunakan listrik prabayar, yakni pemakaian listrik lebih terkontrol, bisa dengan mudah menyesuaikan pemakaian listrik dengan anggaran bulanan. Lalu untuk kerugiannya salah satunya adalah voucher listrik PLN tak bisa diisi saat tengah malam (tidak bisa digunakan pukul 23.00 – 02.00).

Listrik Pascabayar vs Prabayar, Mana yang Lebih Murah? (Freepik.com)

Lalu untuk pascabayar sendiri keuntungannya adalah tidak perlu repot-repot isi daya dan tidak perlu takut sewaktu-waktu listrik mati karena voucher habis. Untuk kerugiannya, jika terlambat membayar, terdapat denda dari pihak PLN atau bahkan kamu bisa terkena sanksi pemadaman listrik.

Jadi, lebih hemat listrik token atau meteran? Jawabannya adalah nggak ada perbedaan tarif antar keduanya. Banyak yang beranggapan kalau listri pascabayar lebih murah dibandingkan dengan pembayaran listrik sistem prabayar. Kenyatannya nggak ada bedanya kok.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat