Minum Air Kelapa Saat Haid Bisa Mengatasi Nyeri, Mitos atau Fakta?

Beepdo.com, Jakarta Sebulan sekali rasanya setiap wanita akan mengalami yang namanya sakit perut saat datang bulan atau haid. Selain nyeri perut, ada pula wanita yang merasakan keluhan lain, seperti nyeri pinggang, pegal pada mulit vagina dan pegal-pegal di paha.

Kira-kira kenapa ya nyeri saat haid tersebut terjadi? Dilansir dari Buku Panduan Lengkap Kesehatan Wanita (2012) yang ditulis oleh dr. Wening Sari, M.Kes., nyeri perut yang terjadi saat haid adalah karena kejang otot rahim. Kontraksi otot rahim tersebut disebabkan oleh peningkatan hormone prostaglandin yang terjadi tepat sebelum menstruasi dimulai.

Banyak cara yang dapat dipilih untuk menghilangkan rasa nyeri ketika haid. Salah satunya adalah dengan cara minum air kelapa. Sudah sejak zaman dulu, air kelapa dipercaya dapat menghilangkan rasa nyeri saat haid. Lalu apakah air kelapa dapat meredakan nyeri saat haid mitos atau fakta?

Minum Air Kelapa Saat Haid Bisa Mengatasi Nyeri, Mitos atau Fakta? (Freepik.com)

Dilansir dari Halodoc, berdasarkan penelitian pada 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Current Trends in Clinical Medicine & Laboratory Biochemistry, air kelapa mengandung campuran kompleks vitamin, mineral, asam amino, karbohidrat, antioksidan, enzim, hormone pertumbuhan yang meningkatkan kesehatan dan nutrisi penting lainnya.

Berdasarkan kandungannya, air kelapa menjadi produk penting untuk diminum ketika menstruasi. Namun perlu diketahui bahwa air kelapa nggak bisa sepenuhnya mengatasi semua masalah terkait menstruasi, terutama nyeri haid. Memang kelapa yang merupakan tumbuhan fitoestrogennya dapat membantu mengatur siklus menstruasi, tetapi konsumsi tumbuhan fitoestrogen tidak mengubah keseluruhan panjang siklus.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
19.8kFans
345Followers
708kSubscribers
90.2kFollowers