Pelesiran ke Lampung, Jangan Lupa Icip 7 Makanan Ini

0

Beepdo.com, JakartaLampung merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Kamu tentu tahu dong akan hal itu? Kalau di Sumatera kan Lampung terletak di bagian paling bawah Pulau Sumatera tuh.

Bahkan, kalau kamu menyebrang lewat jalur darat ke Sumatera, tentu kamu akan melewati Lampung. Nah, saat kamu dalam perjalanan menuju kota lain lewat jalur darat. Sempatkanlah mampir ke Lampung dan mencicipi makanan yang ada di sana.

Ada banyak makanan khas yang bisa kamu rasakan kelezatannya lho. Mau tahu apa saja makanan khas Lampung? Yuk, baca artikel ini sampai habis.

1. Seruit

Seruit (UniversitasMalaHayati)

Kalau kamu suka ikan, mungkin seruit bisa jadi pilihan hidangan yang kamu santap di Lampung. Seruit terbuat dari ikan yang dibakar atapun digoreng. Tak lupa tambahan sambal terasi, tempoyak, atau mangga. Ikan yang biasa digunakan untuk membuat seruit adalah ikan sungai seperti baung, belide, layis, dan jenis ikan darat lainnya. Selain itu, ada tambahan lalapan untuk menambah kelezatan masakan ini.

Ada cara yang biasa dilakukan orang Lampung untuk menikmati seruit. Ketika mau memakannya, kamu harus menambahkan tempoyak ke dalam seruit. Buat yang belum pernah ngerasain tempoyak, pasti akan bilang kalau tempoyak itu aneh. Selain itu, kamu juga harus menggunakan beberapa lalapan seperti terong bakar, kemangi, jengkol, bahkan ada yang pakai daun jambu monyet lho. Hmm, sepertinya sangat menggoda nih menu makanan yang satu ini.

2. Geguduh

Geguduh (Cookpad)

Pernah dengar nama makanan yang satu ini? Geguduh, merupakan makanan khas Lampung yang terbuat dari pisang. Kalau dilihat, makanan yang satu ini mirip pisang goreng. Untuk membuat geguduh, pisang harus dihaluskan dan dicampur dengan terigu. Kemudian adonan yang sudah jadi digoreng dalam minyak panas sampai matang. Gimana? Mirip banget kan sama pisang goreng?

3. Engkak Ketan

Engkak Ketan (KumpulanResep)

Dari namanya, kita pasti sudah bisa menebak kalau makanan ini terbuat dari ketan. Engkak ketan merupakan kue basah yang nggak cuma terkenal di Lampung saja, tapi juga di Palembang dan daerah Sumatera lainnya.

4. Keripik Pisang

Keripik pisang rasa cokelat khas Lampung (BangNanaChips)

Makanan yang satu ini sudah terkenal banget nih, keripik pisang khas Lampung. Terbuat dari pisang pilihan yang dipadukan dengan berbagai rasa, seperti coklat, keju, strawberry, mocca, susu, sapi panggang, melon, balado, dan rasa lain yang mantab. Kalau kamu pergi ke Lampung, kamu bisa menjadikan keripik pisang sebagai oleh-oleh. Pasti keluarga di rumah akan suka dengan keripik pisang yang kamu bawa. Apalagi kalau banyak, hmmm, sampai puas deh ntar makan keripik pisangnya.

5. Gabing

Gabing (ParadiseLampung)

Pernah dengar nama makanan khas Lampung yang satu ini? Gabing, merupakan salah satu makanan khas Lampung yang terbuat dari batang kelapa yang masih muda, bahkan sangat muda dan ukurannya tidak terlalu besar. Sayur ini mungkin mirip-mirip seperti rebung yang dari bambu muda itu ya, kalau masih muda lunak, kalau sudah tua jadi keras. Batang kelapa yang masih muda kemudian dimasak dengan santan dan bumbu khas Lampung. Rasa dari masakan ini berpadu antara manis, asin, dan sedikit rasa pedas. Kalau kamu penasaran, langsung aja ke Lampung, terus cicipin nih sayur gabing.

6. Umbu

Bahan dasar pembuatan umbu, berupa rotan (Sporturisme)

Umbu terbuat dari rotan yang masih muda kemudian direbus sampai empuk. Rasa dari umbu ini, buat yang belum pernah mencobanya pasti aneh. Rasanya seperti pare, tapi pahitnya itu pahit-pahit enak gitu lho, jadi bisa membangkitkan selera makan kamu.

7. Gulai Taboh

Gulai taboh (RagamLampung)

Makanan khas Lampung lainya yang tidak kalang ialah Gulai Taboh. Makanan ini mempunyai cita rasa yang cukup unik dan terbuat dari kacang-kacangan serta umbi-umbian. Kamu akan menikmati masakan dengan rasa santan yang diolah dengan campuran kacang hijau dan tanah, dan jenis kacang lainya, kentang dan rebung pada masakan Lampung ini. Selain itu, terdapat bahan yang akan membuatmu berasa berbeda dilidah karena terdapat juga campuran seperti daun sirih atau bahkan terasi. Perpaduan rasa manis pada ubi-ubian seperti labu dengan paduan rasa khas terasi akan menambah rasa yang beragam pada lidah kita. Makanan khas ini patut kamu coba jika berada di Lampung.

Nah, dari tujuh makanan khas Lampung yang sudah disebutkan di atas. mana yang sudah pernah kamu makan? Apakah ada makanan khas lain yang pernah kamu makan di Lampung? Makanan apa tuh?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
344Followers
708kSubscribers
90.2kFollowers