Jangan Sampai Ketipu, Begini 5 Cara Membedakan Batik Asli dan Palsu

Beepdo.com, Jakarta Batik menjadi salah satu pakaian kebanggaan masyarakat Indonesia. Hampir di setiap daerah memiliki motif batik yang mereka banggakan. Soal penggunaannya, batik nggak hanya digunakan untuk acara resmi, tapi kini batik dengan beragam model bisa digunakan ke acara kasual sekalipun, termasuk ke mal.

Banyaknya orang-orang yang kini mencintai batik membuat permintaan batik tentu saja semakin meningkat. Namun sayangnya kamu harus hati-hati dan bisa membedakan mana yang batik asli dan batik palsu. Dari pembuatannya, batik sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, yakni batuk tulis, batik printing dan batik cap.

Soal harga batik tulis memang lebih mahal dibandingnya dengan jenis batik lainnya. Tapi buat para pencinta ataupun pengoleksi batik, maka sudah pasti pilihan jatuh ke batik tulis. Lalu bagaimana cara membedakannya? Batik tulis, batik printing dan batik cap memang tampak serupa, namun masing-masing sebenarnya memiliki ciri-ciri sendiri. Simak penjelas selengkapnya berikut ini.

Jangan Sampai Ketipu, Begini 5 Cara Membedakan Batik Asli dan Palsu. (Freepik.com)

1. Harga Nggak Bohong

Kamu pasti sering mendengar kata-kata,”Harga nggak bohong.” Nah, yang pertama yang paling mudah kamu pahami adalah, harga batik tulis pasti lebih mahal dibandingkan dengan harga batik cap dan printing. Batik tulis sendiri dibuat dengan proses tradisional dan pengerjaannya butuh waktu lama. Sedangkan batik print menggunakan mesin sehingga harganya jauh lebih murah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
19.8kFans
345Followers
708kSubscribers
90.2kFollowers