Beepdo.com, Jakarta Bokong bayi yang lecet tentu saja akan membuat si buah hati merasa tidak nyaman atau bahkan kesakitan. Bisa jadi hal tersebut juga yang menyebabkan si bayi jadi rewel dan suka terbangun di malam hari. Meskipun lecet atau ruam tersebut adalah sesuatu yang normal, namun bunda harus tahu penyebabnya.

Sebelum mebahas penyebabnya, perlu diketahui pula jika lecer sering dialami oleh bayi yang masih berusia empat hingga 12 bulan. Ada banyak cara yang bisa bunda lakukan untuk mengobati ruam, tapi lebih baik mencegahnya, bukan? untuk itu di bawah ini adalah beberapa penyebab lecet pada bokong bayi.

1. Urine atau Feses yang Tidak Segera Dibersihkan

Coba bunda ingat-ingat, apakah selama ini bunda suka menunda waktu membersihkan popok bayi yang dipenuhi dengan urine atau pun feses? Dua hal tersebut akan membuat bokong bayi menjadi iritasi. Apabila sudah iritasi, maka bokong bayi akan lebih mudah lecet.

2. Popok yang Terlalu Ketat

Bunda harus memastikan jika popok bayi yang digunakan itu berukuran pas, tidak kebesaran atau pun kekecilan. Popok bayi yang terlalu ketat akan menggesek kulit sehingga bokong bayi pun akan lecet. Bunda juga harus memilih popok bayi yang berbahan lembut dan menggantinya sesring mungkin.

1 of 3 Next