Saatnya Usia Perkawinan Disesuaikan, MUI dan Pemerintah Sepakat Soal Ini

Beepdo.com,- Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Sepakat Deklarasikan Gerakan Nasional Pendewasaan Usia Perkawinan. Tujuannya, untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia mulai awal tahun 2020 juga membawa dampak meningkatnyaMa angka pernikahan usia dini di Indonesia. Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mencatat 34 ribu permohonan dispensasi kawin sepanjang Januari-Juni 2020. Dari jumlah tersebut, 97% dikabulkan dan 60% yang mengajukan adalah anak di bawah 18 tahun.

Gerakan Nasional Pendewasaan Usia Perkawinan . (Istimewa)

Jumlah permohonan dispensasi kawin tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 23.700 permohonan. Permohonan dispensasi dilakukan lantaran salah satu atau kedua calon mempelai belum masuk usia 19 tahun berdasarkan hukum UU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas UU Nomor 1 Tahun 1974.

Laporan dari sejumlah media massa menyatakan, situasi Pandemi 19 memberikan kontribusi besar atas alasan meningkatnya permohonan dispensasi perkawinan di Indonesia. Di antaranya, karena  penutupan sekolah yang menyebabkan minimnya aktifitas, kemudian dipengaruhi  aturan beragam norma di wilayah setempat, hingga persoalan ekonomi keluarga di tengah situasi pandemi.

Pernikahan Tata Janeeta (instagram)

Namun demikian, perkawinan usia dini merupakan persoalan lama yang angkanya masih tergolong tinggi di Indonesia, terlepas dalam situasi pandemi atau bukan. Karenanya, diperlukan langkah-langkah sinergis antar pemangku kepentingan di negeri  ini tanpa harus mengabaikan norma-norma agama dan norma-norma kemasyaratan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

19.7kFans
348Followers
710kSubscribers
90.2kFollowers