Apa Itu Bekamal?

0

Beepdo.com, Jakarta – Ketika mendengar nama makanan satu ini mungkin akan terasa asing di telinga kamu. Ya, Bekamal adalah salah satu masakan khas Suku Using di Banyuwangi yang hampir sulit dijumpai saat ini.

Makanan tersebut adalah daging sapi, ayam atau kambing yang sudah dibumbui dengan gula jawa, garam dan beberapa rempah-rempah lalu difermentasi selama beberapa hari. Untuk memasaknya, daging yang sudah difermentasi tersebut dicuci bersih lalu ditumis dengan cabai, bawang merah dan bawang putih serta tomat.

Penyimpanan yang baik akan menentukan kualitas bekamal. (Resepkoki)

Masyarakat suku Using menganggap harga daging sangat mahal. Sehingga, saat stok daging melimpah, pada Hari Raya Idul Kurban misalnya, masyarakat mengawetkanya supaya bisa dmakan lebih lama. Proses pengawetan inilah yang disebut dengan bekamal.

Caranya, setelah daging dibumbui dimasukkan ke dalam kendil lalu ditutup rapat-ratap hingga minimal 10 hari. Nah setelah dianggap matang baru diambil sedikit-sedikit untuk dimasak tumis dijadikan lauk. Kadang agar lebih banyak porsinya, dicampur dengan tempe.

Simpan daging dalam lemari pendingin setelah 10 hari dibiarkan dalam suhu ruangan. (WikiHow)

Selama ini, masyarakat di Desa Gintangan membuat bekamal hanya untuk konsumsi pribadi dan hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah tua. Sedangkan generasi muda, jarang ada yang membuat bekamal karena prosesnya yang cukup memakan waktu.

Bekamal biasanya dijadikan variasi lauk isian Sego Jajang atau nasi bambu untuk suguhan jika ada wisatawan datang ke Desa Gintangan yang terkenal sebagai desa penghasil kerajinan bambu tersebut. Nasi yang masak diisi dengan tumisan bekamal lalu dibungkus dengan daun pisang dan dimasukkan ke dalam bambu kemudian dibakar.

Bekamal makanan khas suku Using, Banyuwangi, Jawa Timur (Cookpad)

Sedikit tips untuk kamu yang ingin membat bekamal, agar hasil bekamal lebih bagus, biarkan daging bekamal tersimpan dalam suhu ruangan selama 10 hari. Setelah itu, baru disimpan di dalam lemari es bukan di dalam freezeer. Bekamal bisa dikonsumsi hingga lima bulan dari tanggal pembuatan. Bahkan, kalau disimpan lebih lama lebih enak.

Selain itu, daging bekamal harus dicuci dengan air bersih lalu direndam semalaman dengan air perasan jeruk. Selain mengurangi aroma khas, juga megurangi rasa asin yang dominan pada bekamal. Dan disarankan saat menumis bekamal tidak usah ditambahi garam karena memang sudah asin. Kalau suka pedas tinggal ditambahi cabainya.

Bekamal (Cookpad)

Untuk kamu yang ingin mecoba membuat bekamal, kami bagi resepnya berikut ini:

Bahan-bahan:
500 gram daging
5 buah jeruk nipis (resep asli menggunakan cuka)
3 buah cabe merah besar
5 siung bawang putih
7 siung bawang merah
daun salam
2 ruas lengkuas
sesuai selera gula, garam

Langkah:
1. Siapkan tempat plastik/box yang bisa ditutup rapat.
2. Masukan daging ke dalam wadah plastik/tempat kedap udara tersebut. Masukan perasan air jeruk nipis (resep asli menggunakan cuka, bisa menggunakan jeruk karena rasa asamnya lebih segar dan tidak terlalu masam). Tutup rapat, diamkan semalam (+/- 12jam).
3. Setelag difermentasi selama -/+ 12 jam, buka daging. Potong dadu.
4. Tumis semua bumbu, masukan irisan daging. Masukan garam guka secukupnya. 5. Tambahkan air. Masak hingga air berkurang. Bekamal siap dihidangkan.
6. Dapat dtmbahkan perasan jeruk nipis saat menumis jika kurang asam. ???

Bekamal (Cookpad)

Tertarik mencoba bekamal? yuk datang ke Gintangan, Banyuwangi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
712kSubscribers
90.2kFollowers