Vaksin AstraZeneca Terbukti Aman, Ini Sejumlah Fakta yang Harus Kamu Ketahui

Beepdo.com, Jakarta Soal vaksin virus Corona kini memang selalu menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Kini pemerintah telah resmi memperbolehkan penggunaan vaksin AstraZeneca. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menjelaskan setidaknya 1,1 juta dosis kini telah didistribusikan.

“Ini semua

sudah dibagi habis 1,1 juta ke Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali, NTT, Kepulauan Riau, Maluku dan Sulawesi Utara,” jelas Nadia seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (23/3/2021). Vaksin tersebut sudah mulai digunakan untuk vaksinasi Covid-19 pada Senin (22/3/2021). Lalu untuk vaksinasi kedua nantinya akan menggunakan vaksin asal Inggris itu yang baru ditangkan pada April mendatang.

Sebelumnya Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EAU) untuk penggunaan vaksin Covid-19 dari vaksin AstraZeneca di Indonesia. Berikut adalah sejumlah fakta dari vaksin AstraZeneca yang harus kamu ketahui.

1. Vaksin AstraZeneca Halal?

Vaksin AstraZeneca Terbukti Aman, Ini Sejumlah Fakta yang Harus Kamu Ketahui. (Freepik.com)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjelaskan bahwa vaksin AstraZeneca yang mulai disebar ke beberapa wilayah di Indonesia tersebut haram karena saat proses produksi menggunakan tripsin yang berasal dari babi. Namun karena kondisi darurat, maka vaksin tetap boleh digunakan.

Pihak AstraZeneca sendiri telah membantah pernyataan tersebut. Mereka menjelaskan bahwa vaksin yang mereka produksi merupakan vector virus yang tidak mengandung produk berasal dari hewan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Beepdo.com
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers