Apakah Hand Sanitizer Berbahaya? Cek Dulu Faktanya

Beepdo.com, Jakarta Merebaknya virus Corona, Covid-19, membuat banyak orang mengambil langkah ekstra untuk tetap aman, termasuk dengan selalu membawa kemanapun semprotan pembersih, gel dan juga sabun. Tetapi apakah pembersih tangan merupakan pertahanan yang terbaik dalam mengatasi bakteri dan virus, seperti virus influenza atau pun Corona?

Beberapa perusahaan yang memproduksi hand sanitizer—melabeli produk mereka sebagai produk “antibakteri” atau “antimikroba” tentu saja mengatakan ya. Namun para pembela hak konsumen mengatakan tidak dengan alasan bahwa hand santizer tidak efektif dan berpotensi menimbulkan strain bakteri yang melawan antibiotik.

Ternyata, jawaban yang terbaik adalah dengan menggunakan pendekatan yang masuk akal. Jadi, sebenarnya seberapa berguna pembersih tangan? Mereka pasti berguna di rumah sakit, untuk membantu mencegah transfer virus dan bakteri dari satu pasien ke pasien lain oleh petugas rumah sakit.

Apakah Hand Sanitizer Berbahaya? Cek Dulu Faktanya. (Freepik.com)

Di luar rumah sakit, kebanyakan orang tertular virus pernapasan dari kontak langsung dengan orang yang sudah mengidapnya, dan pembersih tangan tidak akan melakukan apa pun dalam keadaan seperti itu. Dan pembersih tangan belum terbukti memiliki kekuatan desinfektan lebih dari sekadar mencuci tangan dengan sabun dan air.

Tapi untuk saat ini tentunya kehadiran pembersih tangan memudahkanmu untuk membersihkan tangan saat dibutuhkan. Mencuci tangan setiap kali bersin atau pun batuk bisa jadi menyulitkan, apalagi jika kamu sedang berada di luar ruangan, di dalam mobil misalnya. Jadi pembersih tangan tentunya saat dibutuhkan disituasi yang seperti itu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
19.8kFans
345Followers
708kSubscribers
90.2kFollowers