Fakta-fakta Kateter Urin yang Wajib Kamu Tahu

Beepdo.com, Jakarta Kateter urin kini tengah banyak dibahas, nggak heran kalau hal tersebut juga membuat kateter urin menjadi salah satu kata kunci yang paling banyak dicari di Google. Lalu apa sih sebenarnya kateter urin? Dilansir dari Alodokter.com, Kamis (25/3/2021), kateter merupakan sebuah alat berupa tabung kecil yang fleksibel dan bisa digunakan untuk membantu mengosongkan kandung kemih.

Umumnya penggunaan kateter tersebut hanya untuk sementara hingga pasien mampu buang air kecil sendiri. Kateter urin sendiri digunakan oleh pasien yang kandung kemihnya belum mampu mengeluarkan urine. Hal tersebut bisa disebabkan oleh pembesaran prostat dan hidronefrosis. Selain ini kateter juga digunakan oleh berbagai prosedur medis lain, seperti proses persalinan dan operasi Caesar.

Fakta-fakta Kateter Urin yang Wajib Kamu Tahu. (Freepik.com)

Ada empat jenis selang kateter yang harus kamu ketahui:

  1. Kateter plastik yang digunakan sementara. Kateter jenis ini mudah rusak dan tidak fleksibel. Biasanya karena penyakit yang diderita tidak kronis atau kritis.
  2. Kateter logam untuk pemakaian sementara. Biasanya digunakan oleh ibu yang baru melahirkan untuk mengosongkan kandung kemih.
  3. Kateter lateks yang digunakan duntuk pemakaian dalam jangka waktu kurang dari tiga minggu.
  4. Kateter silikon murni yang dapat digunakan dalam dua hingga tiga bulan, bahannya lentur dan lebih fleksibel untuk saluran kencing (uretra).

Untuk pasien yang hidup dengan menggunakan kateter urin harus terus menjaga kebersihannya. Kateter perlu diganti secara rutin untuk mengurangi risiko munculnya komplikasi infeksi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beepdo.com
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers