Gugatan Cerai YouTuber Maell Lee Tak Penuhi Syarat?

Beepdo.com – Kasus gugatan cerai Youtuber Mael Lee terhadap istrinya, Intan Ratna Juwita telah memasuki babak baru. Gugatan cerai yang dilayangkan 11 pengacara Maell Lee dinilai tidak memenuhi syarat formil. Hal ini dikarenakan salah menulis domisili tergugat sehingga tidak memenuhi syarat kompetensi relatif dari kewenangan pengadillan berdasarkan alamat tinggal tergugat.

“Hakim seharusnya menolak gugatan penggugat karena salah domisili,” tegas kuasa hukum Intan Ratna Juwita di jakarta, Rabu (24/3).

Intan Ratna Juwita istri Mael Lee

Karena saat ini Intan Ratna Juwita berdomisili di kota Batam, Kepri. Sehingga penggugat seharusnya mengajukan gugatan cerai ke istrinya dimana mereka tinggal bukan di kota lain atau Kota Pekanbaru.

“salah satu hal penting jika ingin mengajukan gugatan ke pengadilan adalah memperhatikan bahwa gugatan yang akan diajukan oleh penggugat adalah benar. Ditunjukan kepada badan peradilan yang berwenang untuk mengadili perkara tersebut,” jelas Dewi Yulianti.

Menurut Dewi, pengadilan Agama memiliki batasan kewenangan. Sehingga hal tersebut menyebabkan Pengadilan Agama Pekanbaru tidak dapat mengadili, memeriksa dan memutuskan perkara cerai sesuai dengan undang- undang yang berlaku.

Mael Lee gugat cerai istrinya Intan Ratna Juwita (Instagram)

“Pasal 118 Ayat 1 HIR menyatakan bahwa suatu gugatan itu harus diajukan sesuai dengan daerah hukum tergugat berada,” ucap Dewi Yulianti.

Seperti yang diketahui, gugatan cerai Mael Lee terhadap istrinya, Intan Ratna Juwita cukup mengejutkan, karena usia pernikahan mereka yang belum genap setahun.  Menjelang keputusan sela dari Majelis Hakim Pengadilan Agama (PA) Pekanbaru, Riau, kuasa hukum Intan, Dewi Yulianti mengharapkan majelis hakim membuat keputusan yang akan dilanjutkan pada 29 Maret mendatang.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

19.8kFans
345Followers
708kSubscribers
90.2kFollowers