Eksotisme Air Terjun Kakek Bodo dan Kisah Di Baliknya Yang Mengharukan

0

Beepdo.com, Jakarta – Kali ini, kita akan menjelajah daerah Pasuruan yang katanya ada wisata air terjun yang cukup terkenal di sana. Langsung saja kita menuju Air Terjun Kakek Bodo yaa..

Lokasi tepatnya berada di Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur..sekitar 1-2 jam dari Surabaya, keluar aja lewat Tol Pandaan kemudian cari melalui GoogleMap, saran yang sangat tidak membantu yaa..haha.

Air Terjun Kakek Bodo Prigen Pasuruan (Wisata)

Karena lokasinya yang berada di kawasan pegunungan, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan dapat menyaksikan pemandangan alam dengan hamparan pepohonan yang sangat memukau. Sumber air terjun ini berasal dari Sungai Kaligetik.

Peta wisata Kabupaten Pasuruan Jawa Timur (Beritau)

Tepat dibawah curahan air terjun terdapat sebuah kolam alami dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. Ketika wisatawan berkunjung ke tempat ini, kolam yang berada tepat dibawah deburan air terjun ini menjadi tempat yang tak terlewatkan, baik sebagai tempat untuk mandi maupun berfoto.

Peta wisata Kabupaten Pasuruan Jawa Timur (Beritau)

Fasilitas fasilitas yang tersedia di wisata Air Terjun Kakek Bodo ini juga cukup memadai, antara lain, musholla, kolam renang, taman bermain anak, kios, shelter dan toilet. Dengan adanya fasilitas pendukung tersebut, wisatawan dapat lebih leluasa dalam menikmati liburan kamu.

Air terjun kakek bodo (PanoramaPasuruan)

Sebelum menuju lokasi Air Terjun Kakek Bodo, kamu harus memarkirkan kendaraan tepat di pintu gerbang menuju lokasi, karena akses jalan tidak memungkinkan. Setelah memarkirkan kendaraan, kamu dapat melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 Km menuju lokasi air terjun. Perjalanan tersebut kurang lebih memakan waktu 1 jam. Meskipun harus berjalan kaki sejauh 1 Km, hehe.

Eits, kamu tidak perlu khawatir karena akses jalan cukup bagus. Dan ditengah perjalanan, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang yang mempesona.

Pemandangan di air terjun kakek bodo (DokJalanYok)

Dibalik keindahan dan eksotisme yang dimilikinya, air terjun ini juga memiliki kisah yang cukup melegenda. Dikisahkan, pada jaman dulu kala, ada seorang lelaki tua yang mengabdikan hidupnya kepada sebuah keluarga Belanda yang kaya raya. Pada suatu hari, sang kakek tersebut memutuskan untuk bertapa di hutan belantara, tepatnya di sebuah air terjun. Sang kakek bertapa karena ingin melupakan semua hal yang bersifat duniawi.

Karena keputusannya tersebut, orang Belanda selaku mantan majikannya itu lalu menyebut sang kakek sebagai “Kakek Bodoh”. Sudah diberi fasilitas, gaji yang cukup, dan tinggal di tempat yang enak, tetapi sang kakek malah memilih bertapa di tengah hutan belantara.

Air terjun kakek bodo (Wisata)

Namun tidak disangka, dengan bertapa di air terjun tersebut, sang kakek mendapatkan sebuah kesaktian. Dengan kesaktian yang didapatkan nya, sang kakek menggunakannya untuk membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan. Dan kamu juga bisa menyaksikan hingga saat ini, Makam tempat Jasad Kakek Bodo dikebumikan, tapi tidak sembarang orang bisa masuk ke tempat ini lho.

Tiket masuk untuk orang dewasa sebesar Rp. 10.000, anak-anak di bawah 10 tahun gratis dan biaya parkir kendaraan Rp. 5.000. Dengan harga yang begitu murah, wisatawan dapat berlibur bersama rombongan tanpa dipusingkan dengan harga tiket masuk.

Air terjun Kakek Bodo (Youtube)

Itulah sekelumit kisah yang menjadi latar belakang asal usul nama Air Terjun Kakek Bodo ini. Tertarik untuk mengunjunginya? Catat alamat lengkapnya di Jln. Taman Wisata, No 541, Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
712kSubscribers
90.2kFollowers