Miris, Begini Kondisi Serpihan Bangkai KRI Nanggala 402 Saat Diangkat dari Dasar Laut

Beepdo.com – Berkat bantuan berbagai pihak, setelah beberapa pekan, akhirnya tim evakuasi berhasil mengangkat sejumlah puing kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali. Proses itu memang tidak mudah, namun setidaknya sudah menunjukkan sedikit titik terang.

Hal itu diungkapkan oleh Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) TNI AL, Laksda TNI Iwan Isnurwanto dalamkonferensi pers yang digelar pada Selasa (18/5) lalu. Namun mengingat sulitnya proses pengangkatan, saat pihaknya masih mengangkat bagian-bagian kecil dari kapal selam yang tenggelam tersebut.

“Barang-barang apa yang sudah kita ambil? Ini sudah kita display beberapa mulai dari antena esm, kemudian pelindung kabel torpedo,” ungkap Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) TNI AL, Laksda TNI Iwan Isnurwanto, sebagaimana dilansir dari YouTube Kompas TV.

KRI Nanggala (Dinas Penerangan Angkatan Laut)
KRI Nanggala (Dinas Penerangan Angkatan Laut)

Namun bagian besar seperti sail section atau anjungan hingga kini belum bisa diangkat karena terlalu berat. Dengan bobot yang mencapai 18 ton, butuh armada yang benar-benar kuat untuk mengangkatnya ke permukaan. Upaya sebelumnya masih gagal sehingga perlu kalkulasi ulang.

“Sudah beberapa kali Tan Suo-2 (kapal milik China,-Red) mencoba melakukan pengangkatan sail atau anjungan. Mereka memperkirakan bahwa beratnya anjungan lebih kurang 18 ton. Diangkat dengan menggunakan slink ternyata tidak mampu, putus, sehingga mereka mengkalkulasi ulang,” lanjut Iwan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers