Rizki DA Harus Baca, Ini Alasan Usia Kehamilan Bisa Lebih Tua dari Tanggal Nikah

Agar tidak sampai dihujat seperti Rizku, maka kamu harus tahu bagaimana menghitung usia kehamilan dengan benar. Ketika seorang wanita menikah, kemudian hamil, dan usia kehamilannya melebihi usia pernikahan, jangan dulu berspekulasi kalau dia hamil duluan. Faktanya, pada beberapa wanita, kehamilan bisa terjadi begitu cepat karena ia berada pada periode masa subur saat menikah.

Rizki DA saat resmi menikahi Nadia Mustika Rahayu (Instagram)

Misalnya, seorang wanita mengalami haid terakhir pada 14 April dan memiliki siklus teratur selama 28 hari. Maka, masa suburnya akan terjadi di tanggal 28 April. Pada kondisi ini, kehamilan dapat langsung terjadi jika langsung terjadi pembuahan, dan HPL dihitung dari sebelum masa subur atau Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT).

Artinya, usia janin nanti akan dihitung mulai dari tanggal 14 April. Sehingga perhitungan usia janin bisa lebih tua dibanding tanggal pernikahan itu sendiri. Hamil setelah ovulasi dimungkinkan, tetapi terbatas pada 12-24 jam setelah sel telur dilepaskan. Lendir serviks membantu sperma hidup hingga 5 hari di dalam tubuh wanita, dan dibutuhkan sekitar 6 jam bagi sperma aktif untuk mencapai saluran tuba.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

19.7kFans
348Followers
710kSubscribers
90.2kFollowers