Berburu Makanan Halal di China, Perhatikan 7 Hal ini

0

Beepdo.com, Jakarta – Banyak negara yang belum memiliki lembaga sertifikasi halal. Bahkan mereka mendapatkan sertifikasi produk halalnya di Indonesia. Salah satunya, produk-produk asal negara China.

Apalagi, negara China bukan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Maka sedikit menjadi ganjalan saat perut kamu sudah merasa lapar. Bahkan, setelah kamu berkeliling ke beberapa tempat, sulit juga menemukan restoran yang berlabel halal.

Bagi wisatawan muslim Indonesia yang ingin berkunjung ke China, kesulitan dalam mencari tempat makan menjadi permasalahan utama. Ada beberapa tips yang biasa kamu lakukan kalau pergi ke negara nonmuslim:

1. Membawa gambar babi

Gambar babi (InfoMenarik&Lucu)

Bahasa lisan dalam bahasa Inggris kadang susah dimengerti oleh pelayan restoran di China. Jadi kamu bisa bertanya apa restoran itu tidak ada babi dengan menunjukkan saja gambar babi, sambil bilang “no pork”.

2. Membawa gambar ayam, ikan dan sapi

Ayam goreng (Dagelan)

Untuk memesan makanan halal, pesan makanan yang bergambar ayam kalau minta menu ayam, begitu juga dengan gambar ikan, dan daging sapi. Kita bisa bilang yes for chicken, fish and beef. Pelayan restoran kebanyakan mengerti dengan bahasa tarzan seperti ini asal membawa gambar binatang yang sudah disiapkan. Memang sedikit merepotkan, ya guys. Kemana-mana bawa gambar beginian, hehe.

3. Temukan logo halal

Halal qingzhen (WordPress)

Lebih dari 10 ribu restoran dan produsen makanan telah bersertifikat halal. Jadi jangan khawatir, ya guys. Ternyata banyak juga yang menggunakan logo halal di negeri Panda ini. Namun kamu harus tetap waspada, karena logo halal di China berbeda-beda. Bahkan, karena perbedaan ini, komunitas Muslim di sana juga sudah mengeluhkannya, guys. Misalnya, di Niejie Street, logo halal yang menempel pada kemasan bertuliskan ‘Khusus Muslim’. Untuk produk yang dibeli di Ox Street, logo halal itu disertai tanda ‘Qingzhen’, karakter halal dalam bahasa Cina. Sementara, produk daging yang ketiga tidak ditemukan satu pun tanda yang mengidentifikasi halal.

4. Mencari rekomendasi restoran halal di internet

Bebek panggang (ResepMakananBunda)

Sebelum pergi sebaiknya searching “halal restaurant in Bejing” dulu di internet. Nanti akan muncul beberapa nama dan restoran halal di Bejing. Contoh menemukan Restoran Hong Bin Lau di Hongkong Road, Beijing dengan mengandalkan bebek panggang yang halal ada di Bejing.

5. Belajar cara membaca komposisi makanan dalam Bahasa China

Memilih makanan di China (MySuperLounge)

Selain mencari produk halal perlu juga tahu sedikit beberapa bahasa China dalam komposisi makanan dalam produk yang akan kita beli di luar bungkus makanan. Sebab di negara China jarang sekali ada pembungkus makanan yang bertulisan halal. Contoh nama babi, alkohol, minyak babi dalam huruf China kita bisa pelajari dulu kemudian dicatat. Contoh tulisan babi dalam huruf China bica dicari di Google Translate. Selanjutnya kita bisa mencari kata-kata lain yang dibutuhkan di Google Translate dan dicatat dalam tulisan China. Karena pelayan restoran di sana jarang yang bisa membaca huruf latin, hanya tahu huruf China.

6. Membaca review makanan untuk oleh-oleh

Jangan Ngakak..Begini Cara Orang Jepang Membuat Mochi
Mochi

Mencari oleh-oleh makanan yang halal dari China agak susah-susah gampang. Di sana kue kering seperti biskuit, kue mochi, waffel dan sejenis kue pie bisa untuk oleh-oleh. Tetapi tidak ada tulisan halal food. Jadi jalan keluarnya sebelum berangkat ke China, kita bisa searching lagi “halal cookie in China.” Nanti akan keluar beberapa gambar kue wafer, biskuit, kue beras dan kacang. Sebelum berangkat traveling, kita bisa catat dulu nama kue dan merknya. Contoh kue waffel bisa untuk oleh-oleh yang halal. Yang paling aman untuk oleh-oleh makanan dari China adalah kacang-kacangan dan buah-buahan.

7. Makan mie instan dari Indonesia

Mie instan (kaskus)

Dan paling akhir kalau sudah tidak menemukan makanan halal lagi di luar. Kamu bisa pergi ke supermarket yang menjual mie instan dari Indonesia yang terjamin halalnya. Hanya mie instan Indomie yang ada tulisan halal dan selalu tersedia di banyak supermarket di China. Jadi bangga juga, ya guys, kalau pergi ke luar negeri ada produk Indonesia yang mencantumkan kata halal. hehe.

Itulah 7 hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih makanan halal di China. Selamat menikmati makanan halalnya, ya guys. Apalagi sambil liburan Imlek yang jatuh pada akhir pekan ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
344Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers