Pulau Selimpai, Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

0

Beepdo.com, JakartaPulau Selimpai terpisah dengan daratan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Sisi selatannya hingga ke bagian barat berbatasan dengan laut Natuna, sedangkan di sisi utaranya terjaga oleh Sungai Merabau. Kawasan ini sebenarnya merupakan salah satu kawasan konservasi dengan nama Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing.

Untuk menuju Pulau Selimpai, bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam (Sambas – Paloh), kemudian menyebrangi sungai Paloh menggunakan Spead boat atau Perahu Motor sekitar 30 menit. Pantai ini merupakan tanjung atau bagian daratannya menjorok ke arah laut, antara sisi garis laut dan bibir sungai jaraknya hanya selebar lapangan besar. Di sinilah justru letak keunikannya. Kamu akan melihat bibir pantai yang menghadap ke sungai, dan bibir pantai yang menghadap ke laut dan bagian lainnya. Bila kita berada di dekat area tersebut, pasti akan terlihat ombak natuna yang saling bergulung-gulung.

Pulau Selimpai (Jalan2)

Tidaklah berlebihan jika Pantai Selimpai merupakan pantai eksotis yang dimiliki oleh wilayah sebelah utara Kalimantan Barat dan sayang untuk dilewatkan. Bentuk pantai yang unik, berupa Tanjung ini juga memiliki tipe vegetasi dan fauna yang jarang ditemukan di pantai lain di Kalimantan Barat. Makanya setiap mereka yang mampir ke sini, akan menjumpai aneka pemandangan; ada hutan pinus, pantai, laut dan sungai. Dari kejauhan terlihat Tanjung Datuk, yang merupakan kawasan berbatasan Malaysia.

Pulau selimpai (BoboCantik)

Pasir putih yang landai dan pohon pinus yang tinggi menjulang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Selimpai, Paloh. Pasirnya yang bersih tak kalah dengan Pantai Kuta, Bali. Selain itu keberadaan hutan Pinus di lahan selimpai membuat suasana di pulau mini ini berbeda dengan pantai lainnya di Kabupaten Sambas. Pohon berkayu yang menjulang tinggi tersebut tertata rapi seakan ada yang sengaja menatanya sedemikian rupa padahal semua itu terjadi secara alami. Perpaduan pohon cemara dan rumput hijau (tingginya semata kaki) merupakan panorama yang menambah sejuk pemandangan.

Penyu Selimpai (BorneoScape)

Selain menjadi tempat bertelur penyu, Selimpai juga menjadi tempat tinggal beberapa spesies lain yang dilindungi. Beberapa spesies tersebut misalnya kura-kura, kera ekor panjang, beberapa jenis burung dan buaya. Buaya dapat kita lihat di Tanjung Belimbing yang menghadap ke sungai, namun sebenarnya buaya ini lebih banyak terdapat di hutan bakau dekat desa di daratan.

Pantai Selimpai (PesonaKalimantanBarat)

Tertarik untuk berkunjung ke Pulau Selimpai, Kalimantan Barat?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers