Main-main ke Kalimantan Selatan, Ini Lokasi Wisata Yang DIsarankan

0

Beepdo.com, Jakarta – Ada alasan kenapa Kalimantan Selatan(Kalsel) layak kamu masukan ke dalam daftar kunjungan liburan kamu, baik itu bersama keluarga, kolega, maupun sendirian. Berbagai tempat liburan di Banjarmasin ini akan menarik minat anda berkunjung dan tinggal berlama-lama.

Objek wisata banjarmasin kalteng yang murah juga menambah ketertarikan para wisatawan untuk berkunjung ke kota ini. Keberadaan lokasi tempat menarik di Banjarmasin yang bersebaran menjadi keuntungan. Tentunya, kamu tidak akan lekas bosan dengan suasana yang monoton, apalagi jika mereka berencana untuk tinggal agak lama.

Berikut lokasi wisata di Kalimantan Selatan yang bisa kamu kunjungi:

1, Pulau Kembang

Pulau Kembang (SantriMartapura)

Pulau Kembang merupakan sebuah delta yang terletak di tengah Sungai Barito. Tepatnya berada di Pulau Alalak, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Uniknya, tempat wisata ini menjadi habitat monyet dan beberapa jenis burung. Menurut warga sekitar, di pulau ini juga terdapat seekor monyet besar yang merupakan raja monyet.

2. Pulau Birah-Birahan yang Cocok Buat Snorkeling

Pulau Birah-Birahan yang Cocok Buat Snorkeling (StoryTelling)

Untuk mengunjungi pulau ini, pertama-tama kamu harus menuju Dermaga Kenyamukan. Setelah itu, lanjutkanlah perjalananmu dengan menyewa perahu nelayan. Harga sewanya berkisar antara Rp. 500.000,00 – Rp. 800.000,00/ perahu (maksimal 25 orang). Waktu yang ditempuh sekira 8 jam perjalanan. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa menjumpai kawanan lumba-lumba saat menyeberangi lautan tersebut. Zona ini lebih cocok buat kamu yang punya hobi memancing. Eits, tapi jangan khawatir dulu, Genks. Di sini juga ada spot buat snorkeling, kok. Coba aja deh kamu sambangi zona pantai terumbu karang. Pasti kamu gak akan nyesel. Tapi sayangnya, kamu harus membawa peralatanmu sendiri, Genks. Soalnya, di sini belum ada yang menyewakan peralatan tersebut.

3. Pulau Sirang Riam

Pulau Sirang Riam (Farmasi)

Pulau Sirang Riam sebenarnya adalah sebuah danau yang dijadikan tempat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk mencukupi kebutuhan listrik se-Kecamatan Aranio. Namun, karena lokasinya bagus banget, maka tempat ini pun disulap menjadi sebuah obyek wisata alternatif. Dari pusat Kota Banjarmasin, lokasinya bisa kamu tempuh dengan estimasi waktu sekitar 45 menit perjalanan menuju ke Banjarbaru. Kemudian, ikuti saja papan penunjuk arah menuju ke Riam Kanan, dan lanjutkan perjalananmu menuju Kecamatan Karang Intan, Aranio, sampai mentok habis jalannya (butuh waktu sekitar 45 menit perjalanan). Setelah itu, sampai deh di lokasi.

Istimewanya, di sini terdapat banyak kelotok (perahu) yang disewakan untuk berkeliling danau. Berbagai spot bisa kamu sambangi, mulai dari Pulau Pinus, Pulau Sirang, hingga ke Pulau Batu. Untuk mencapainya, kamu hanya butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan perahu kelotok tersebut. ohya, harga sewa per-kelotoknya dibandrol dengan harga Rp. 300.000,00 – Rp. 400.000,00. Besar kecilnya harga ditentukan dari caramu menawar, Genks. Maka belajarlah menawar sebelum berkunjung ke sini. Oke? 😉

4. Danau Baruh Bahinu

Danau Baruh Bahinu (Wikimapia)

Seperti namanya, Danau Baruh Bahinu terletak di Desa Baruh Bahinu Dalam, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Danau ini sebenarnya merupakan kawasan rawa-rawa yang cukup luas. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang romantis abis. Selain itu, kamu juga bisa menyewa sebuah perahu bebek untuk mengelilingi kawasan ini. Masih kurang apa lagi, coba? Ohya, untuk memasuki obyek wisata ini, kamu diwajibkan untuk membayar mahar sebesar Rp. 10.000,00. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkirnya.

5. Puncak Bukit Labak Naga

Puncak Bukit Labak Naga (JabTakHaiJaan)

Bukit Labak Naga terletak di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut. Tempat ini menjadi primadona dadakan yang selalu dipenuhi oleh wisatawan. Ya, bukit ini mempunyai view yang cuku kece, terdiri dari rumput-rumputan nan hijau dan pemandangan pantai serta pulau datu yang terlihat dari puncak bukit. Udaranya pun cukup sejuk, bahkan kawasan ini juga sering diselimuti kabut. Oleh karena itu, bawalah jaket kalau kamu gak tahan sama udara dingin. Untuk memasuki obyek wisata ini, kamu diharuskan membayar mahar seharga Rp. 5000,00/ orang.

Itulah 5 destinasi pilihan di Kalimantan Selatan. Yuk, segera kunjungi tempat-tempat ini, Genks.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
343Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers