5 Makanan Khas Kalimantan Selatan, Nomor 4 Siap Manjakan Lidahmu

0

Beepdo.com, Jakarta – Berkunjung ke Kalimantan Selatan jangan hanya menikmati pesona alamnya saja, tetapi juga ragam kuliner yang menggoda selera. Ngomongin kuliner di Kalimantan Selatan, maka kita gak bisa lepas dari sentuhan budaya Banjar. Makanan-makanan tradisional diolah dengan cita rasanya yang enak dan menarik hati.

Dari sekian banyak kuliner asal Kalimantan Selatan, lima makanan khas ini tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Ada apa saja?

1. Soto Banjar

Soto banjar (TasteMade)

Soto banjar berbeda dengan sajian soto di kota-kota lain. Soto asli Banjar terdiri dari banyak isian. Bukan cuma bihun dan suwiran ayam, tetapi juga ada telur rebus dan taburan bawang goreng. Jika selama ini soto lebih sering dihidangkan bersama nasi putih, beda halnya dengan cara penyajian soto banjar yang dilakukan bersama lontong atau ketupat. Agar bisa menikmati semangkuk soto banjar, para penjualnya hanya mematok harga yang berkisar antara Rp20.000 – Rp30.000 saja.

2. Dodol Kandangan

Dodol kandangan (IndonesiaKaya)

Dodol yang berasal dari Kandangan berbeda dengan dodol di tempat-tempat lain. Setiap orang yang sudah pernah mencoba dodol kandangan menuturkan kalau dodol kandangan mempunyai tekstur yang lebih legar dan lembut. Bukan hanya itu, dodol kandangan juga mempunyai rasa yang tingkat manisnya pas. Para wisatawan yang ingin membeli dodol kandangan bisa datang ke pusat oleh-oleh atau langsung ke tempat produksinya yang berada di kabupaten Hulu Sungai Selatan.

3. Sayur Kambang Tigarun

Kembang tigaron (ingesz)

Kambang tigarun merupakan tanaman sayur yang bagian kembangnya paling banyak dipakai sebagai lalapan. Meskipun banyak disukai penduduk Banjar, sayuran ini termasuk tanaman musiman sehingga keberadaannya tidak selalu di setiap waktu. Kambang tigarun yang hendak diolah juga harus memilih yang sudah mengembang bunganya. Perlu diketahui juga kalau tanaman kambang tigarun mempunyai rasa pahit, jadi mereka yang biasa menyantapnya masuk dalam kategori penyuka makanan pahit. Kambang tigarun atau jaruk tigarun yang akan dijadikan lalapan sebelumnya harus direndam terlebih dahulu selama berhari-hari. Kalau sudah tiga sampat empat hari proses perendaman, biasanya kambang tigarun sudah bisa dinikmati bersama cacapan asam.

4 Sate Tulang

Sate tulang (Okezone)

Banyak orang menganggap kalau sate hanya banyak ditemukan di pulau Jawa, padahal tidak. Seperti di Kalimantan Selatan, kita bisa mendapati kuliner sate yang menjadi primadona di kota Banjar, sate tulang namanya. Jika kamu sedang menapakkan kaki di Banjarmasin, jangan sampai melewatkan makanan khas Kalimantan Selatan ini.

Sate tulang bukanlah sate yang menusuk tulang, itu hanya nama saja. Lalu, bahan apa yang dijadikan sate? Bahan yang digunakan adalah sisa-sisa tubuh ayam yang biasanya tidak terpakai, seperti leher, kulit, dan lemaknya. Semua bahan tersebut digiling dan diberi bumbu habang atau bumbu merah yang dominan cabai. Rasa dari sate tulang sebenarnya tidak hanya pedas, tetapi ada juga manisnya.

5. Bubur Baayak

Bubur baayak (Cookpad)

Bubur baayak adalah makanan tradisional khas Kalimantan Selatan yang menjadi warisan kuliner di Banjarmasin. Bubur tradisional ini mempunyai warna cokelat dengan paduan cita rasa manis dan gurih. Bubur baayak terbuat dari campuran tepung beras, tepung gandum, santan, gula merah, garam, dan air. Adonan bubur baayak berbentuk butiran-butiran yang diproses dengan cara disaring sembari digoyang-goyang hingga adonannya kalis.

itulah 5 makanan khas Kalimantan Selatan. Jika ke sini, selain makan di tempat, jangan lupa, ya gennks, bawain juga untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers