5 Makanan Khas Kalimantan Timur, Nomor 4 Wajib Coba

0

Beepdo.com, Jakarta – Bila kamu berkunjung ke Kalimantan Timur, sempatkanlah mencicipi kuliner khas negeri Kutai ini. Memang agak susah-susah gampang mencari makanan khas di sana. Pasalnya, masyarakat yang mendiami daerah sini mayoritas dari Jawa, Madura dan Banjar.

Namun, jejak-jejak makanan khas Kalimantan Timur bisa kamu dapatkan di Tenggarong atau sekitar Kerajaan Kutai Kartanegara. Berikut makanan khas Kalimantan Timur:

1. Ayam Cincane

Ayam cincane (ResepAyamDanBebek)

Makanan dahulu hanya disajikan pada saat acara-acara penting, seperti pernikahan atau kelahiran saja. Namun, saat ini ayam cincane sudah bisa ditemukan kebanyakan warung dan rumah makan yang berada di Kalimantan Timur. Bahan dasar ayam cincane adalah ayam kampung. Rasa santan dan rempah-rempah lain, seperti jahe, lengkuas, dan kemiri sangat terasa ketika kamu melahap ayam yang diolah dengan cara dibakar di atas bara api ini.

2. Nasi Bekepor

Nasi bekepor (CobaBaca)

Nasi bekepor adalah nasi putih yang dicampur dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur. Biasanya nasi bekepor ini disajikan bersama dengan sayur asem yang diolah bersama dengan kepala ikan dan ubi manis. Selain itu, kamu juga bisa menyantapnya dengan daging masak bumbu hangus atau sejenis daging yang dimasak dengan kecap.

3. Pepes Kepiting

Pepes kepiting (Okezone)

Berbeda dengan pepes di Jawa Barat yang biasanya terbuat dari ikan, pepes di Kota Tepian justru terbuat dari daging kepiting murni. Di kedua kota itu, pepes kepiting biasanya menggunakan kepiting soka atau kepiting lemburi. Kepiting di sini agak unik karena ukuran badan dan kakinya (capit) tidak proporsional. Ukuran capitnya lebih besar daripada badannya tapi penuh berisi daging. Kepiting jenis ini sangat digemari oleh pencinta boga bahari karena kulitnya tidak perlu disisihkan sehingga tidak repot dalam mengolah dan memakannya.

4. Sate Payau

Sate payau (IGI)

Di Kalimantan Timur ada sebuah makanan khas yang cukup terkenal, yakni Sate Payau. Jika Anda belum tahu apa itu sate payau, ini adalah sate yang terbuat dari daging rusa. Sayangnya, makanan yang satu ini sudah mulai langka, karena rusa adalah salah satu satwa yang dilindungi. Akan tetapi, makanan khas Kalimantan Timur ini masih bisa dijumpai di acara adat atau berbagai festival yang digelar di provinsi tersebut. Tekstur daging payau ini cenderunglebih lembut dan empuk jika dibandingkan dengan daging sapi. Selain dijadikan sate, daging rusa ini juga dimasak dengan bumbu pedas atau dipepes.

5. Pisang Gapit

Pisang gapit (Cookpad)

Pisang gapit ini sangat pas dimakan saat bersantai sambil menikmati keindahan sungai Mahakam. Tampilan dari pisang gapit ini mirip dengan pisang epe khas Sulawesi Selatan. Perbedaan dari kedua jajanan tersebut terletak pada saus pendampingnya. Pisang epe dimakan dengan saus gula merah, sedangkan pisang gapit dicocol dengan saus durian yang sangat lezat. Makanan kecil yang satu ini dinamakan ‘Gapit’ karena proses pengolahannya menggunakan alat yang berupa papan kayu seperti talenan, pisang akan digapit atau dijepit dengan papan tersebut. Setelah bentuknya menjadi pipih, pisang akan dibakar hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Itulah 5 makanan khas Kalimantan Timur. Pernah ke sini?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers