58 Keraton Gelar Pertemuan Akhir Tahun Ini, Simak Apa Saja Sajianya?

0

Beepdo.com, Jakarta – Sebanyak 58 keraton atau kesultanan dan 196 pemangku adat akan menggelar pertemuan di Sumenep, Jawa Timur dalam rangka Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN (FKMA) kelima. Dalam rangkaian acara tersebut juga diselenggarakan seminar serta kegiatan musyawarah anggota Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN).

Puncak acara akan berlangsung di Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, pada 27-31 Oktober 2018 mendatang. Penyelenggaraan FKMA-V akan didahului dengan kegiatan road show di lima Keraton; yaitu Solo, Medan, Mempawah, Ternate, dan Denpasar. Diharapkan pada puncak acara akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Festival keraton (BorneoNews)

Penyelenggaraan FKMA-V tahun 2018 akan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Di mana, unsur pariwisata akan lebih ditonjolkan kali ini, dalam upaya mempromosikan Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia. Hal itu sejalan dengan program 100 Event Wonderful Indonesia 2018 yang akan digelar selama satu tahun di seluruh Tanah Air, untuk mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 270 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) tahun ini.

Prajurit Wirobrojo atau dikenal Prajurit Lombok Abang (KratonPedia)

FKMA berupaya meningkatkan peran dan fungsi keraton sebagai pelestari warisan budaya bangsa, serta menghadirkan kembali peran dan fungsi keraton terhadap masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah dari sisi pariwisata. Dalam kegiatan ini, Sumenep sebagai tuan rumah akan menjamu para tamu peserta keraton dan masyarakat luas dengan menyajikan kesenian, benda keraton, situs, kuliner dan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Adapun para undangan keraton dan kesultanan akan menyajikan budaya dan kesenian masing-masing.

Prajurit Dhaeng (AanPrihandaya)

Tak hanya dari Indonesia, ternyata FKMA juga akan dihadiri duta besar negara sahabat dari Asia Tenggara. Yang paling menarik adalah, peluncuran perdana aplikasi ‘My Keraton’.

Para sesepuh keraton (Kazwini13)

Indonesia sebagai pemilik keraton terbanyak hingga saat ini di ASEAN maupun di dunia, diharapkan bisa jadi sumber ilmu, sumber dan pusat budaya, sumber ekonomi, juga destinasi wisata budaya yang datang ke keraton. Segera atur jadwal kamu, untuk mengikuti event ini, ya guys.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers