6 Perpustakaan Ramah Anak, Nomor 5 Bisa Memonitor Kecerdasan Anak

0

Beepdo.com, Jakarta – Tahukan anda, ada beberapa perpustakaan ramah anak di Indonesia. Bahkan, beberapa di antaranya memang sengaja diperuntukkan khusus untuk anak-anak.

Sebab, kita semua pasti tahu kalau dunia anak penuh dengan dunia imajinasi. Anak-anak memiliki dunianya sendiri dan tak jarang mereka memiliki teman khayalannya. Dengan daya imajinasi yang masih sangat bagus ini, kita dapat mengembangkan lagi dan mengarahkan kearah yang postif.

Daripada berpanjang lebar, langsung saja simak perpustakaan-perpustakaan ramah anak, berikut:

1. Galeri Anak Perpustakaan Nasional RI

Galeri Anak Perpustakaan Nasional RI (GrowWithYou)

Letaknya persis di sebelah Galeri Nasional, atau tepat berada di Jl. Merdeka Selatan, Jakarta. Gedung perpusnas ini, dinyatakan sebagai gedung perpustakaan nasional tertinggi sedunia lho..! Nah, tentu buat Pustakalana yang paling menarik adalah area anak yang berada di lantai 7. Untuk ruang baca anak, konsep ruangannya pun dibikin semenarik mungkin. Banyak boneka, kemudian permainan anak seperti congklak, serta lukisan Si Unyil di dinding.

Sementara semua buku bacaan untuk berbagai jenis usia ada di lantai 21. Lantai 21 juga disebut sebagai monograf terbuka. Monograf terbuka berarti buku bacaan di ruang baca itu bisa dipinjam dan dibaca. Ingat, ya! Jam bukanya Senin sampai Jumat pukul 07.30 WIB – 18.00 WIB. Sementara, Sabtu sampai Minggu, buka 07.30 -16.00 WIB

2. The Open Book Library

Celebrity Story Time di The Open Book Library (thePicta)

Bernostalgia sambil mengajak sang buah hati bermain sambil mendengarkan dongeng kini bisa Anda temukan di The Open Book Library, Scientia Square Park (SQP) setiap bulannya. Di sini, juga rutin menggelar acara story telling yang berkolaborasi dengan beberapa artis yaitu Celebrity Story Time. Jadi moms, selain membaca buku, anak-anak juga bisa mengikuti kelas kreativitas dan mendengarkan story telling yang diadakan oleh staff The Open Book. Biaya keanggotaannya pun beragam, mulai dari single pass sebesar Rp30.000 hingga Family Quarter Membership sebesar Rp400.000/3 bulan.

3. Perpustakaan Kota Cikini

Perpustakaan Kota Cikini (Sawitri)

Perpustakaan ini diperuntukan bagi siapa saja. Ketika masuk hanya akan diminta KTP, tidak wajib menjadi anggota jika tidak ingin meminjam buku. Kalau pun ingin bergabung, kita bisa meminjam buku untuk periode 2 minggu. Disini tidak diperkenankan membawa tas dan segala jinjingan, jadi kita akan diberikan kunci loker dan tas plastik untuk membawa barang penting seperti handphone, dompet, dan lainnya. Makanan dan minuman juga tidak diperbolehkan. Perpustakaan anak berada di lantai 2, silahkan naik tangga atau lift. Ada ruang menyusui juga di lantai 3. Di lantai anak-anak ini, menurut saya terbagi menjadi 3 area. Area membaca buku, area permainan soft motor skill, dan area bermain playground.

4. Perpustakaan Umum DKI Jakarta Taman Ismail Marzuki

Perpustakaan Umum DKI Jakarta Taman Ismail Marzuki (AntoCihui)

Ada apa di sini? Ada 2 lantai yang disediakan untuk membaca. Lantai 1 berisi koleksi umum. Lantai 2 khusus untuk anak-anak. Di sini, tersedia berbagai fasilitas yang ramah anak. Mulai dari koleksi buku, ruang membaca yang nyaman, koleksi permainan edukatif (seperti balok dan puzzle) sampai ruang bermain yang super luas. Jika ingin menjadi anggota maka cukup berbekal fotokopi KTP dan foto 2×3 cm sebanyak 1 lembar, Anda bisa terdaftar untuk jangka waktu 1 tahun. Sebagai anggota, Anda bisa meminjam buku maksimum 2 buku, yang harus dikembalikan paling lambat dalam jangka waktu seminggu. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi perpustakaan ramah anak ini, ya superkids.

5. Froggy Edutography Tangerang

Froggy Edutography Tangerang (PortalBisnis)

Bangunan berbentuk istana yang terkesan melayang ini, bukanlah sekedar istana taman bermain anak. Lebih dari itu, Froggy Floating Castle ini justru merupakan tempat bagi anak-anak untuk mengeksplorasi bakat yang dimiliki dan mewujudkan cita-cita mereka dengan bantuan tenaga profesional. Istana berlantai 10 ini memiliki berbagai ruangan yang berisi berbagai macam program Edutography untuk mengeksplorasi kecerdasan dan minat anak. Antara lain ruang linguistik, visual spasial, dan ruang kecerdasan interpersonal.

Di setiap ruang, anak-anak akan diajak melakukan berbagai aktivitas bersama seorang dream motivator yang bertitel sarjana pendidikan serta seorang Dream Planner and Dream Observer yang akan mengikuti perkembangan anak selama mengikuti kegiatan di Froggy Multiple Intelligence (MI) Enrichment Program. Selama beraktivitas, Dream Planner and Dream Observer akan memonitor kecerdasan anak yang paling menonjol. Dari situ, anak dibantu orang tua akan dibimbing untuk mewujudkan cita-citanya. Uniknya, impian anak yang ditulis ke dalam sebuah kartu itu kemudian dimasukkan ke kapsul waktu untuk dibuka beberapa tahun kemudian. Tempat ini berlokasi di kawasan BSD Grand Boulevard.

6. Rimba Baca

Rimba Baca (Kompasiana)

Rimba Baca merupakan sebuah rumah yang memang dibangun dan di-design khusus sebagai perpustakaan bagi anak-anak dan orangtuanya. Jadi bukan rumah tinggal yang diubah menjadi perpustakaan, tapi benar-benar dibangun untuk dijadikan perpustakaan. Penataan interiornya sangat hommy dan nyaman sehingga membuat anak-anak betah berlama-lama membaca buku-buku yang disediakan.

Ruang membaca di Rimba Baca terbagi menjadi dua lantai, lantai pertama untuk buku anak-anak yang terbagi dalam 3 kelompok usia : 0-3 thn, 4-8 thn dan 9-12 tahun. Sedangkan lantai kedua adalah koleksi buku bagi para orangtua/pendamping. Buku-buku di Rimba Baca mayoritas di dominasi oleh buku berberbahasa Inggris sehingga sangat cocok bagi orangtua yang ingin agar anak-anaknya terbiasa membaca buku dalam bahasa Inggris. Tapi ada juga kok buku-buku berbahasa Indonesia, walaupun jumlahnya lebih sedikit. Rimba Baca juga menyediakan beberapa mainan edukatif ,boneka-boneka lucu, topi-topi unik (seperti Topi Bajak Laut) dan semuanya bebas dimainkan oleh pengunjung anak-anak. Rimba Baca mengenakan tarif Rp. 25.000,-/kunjungan/orang, namun di sini juga mempunyai program sosial berkala bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu agar mereka juga bisa menikmati buku-buku bacaan di Rimba Baca.

Jadi, seberapa pentingkah cita-cita anak bagi Anda? Bukankah anak merupakan harta terbesar orang tua? Jika begitu, maka adalah hal yang sangat penting untuk mengarahkan si kecil sedari dini agar mengenal bakat dan minatnya. Yuk, sering-sering ajak anak anda ke perpustakaan ramah anak ini, agar cita-cita mereka semakin nyata.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers