Segarnya Kopi Biji Salak, Kopi Tanpa Kafein

0

Beepdo.com, Jakarta – Biasanya biji salak dibuang begitu saja lantaran tidak bisa dikonsumsi. Tetapi ternyata biji salak bisa diolah menjadi minuman serbuk yang nikmat dan disebut dengan “Kopi Biji Salak“.

Kopi Biji Salak ini tidak mengandung kafein, sehingga aman bagi lambung, bagi penderita hipertensi, dan asam urat. Tak hanya itu, sederet manfaat juga terkandung dalam secangkit kopi biji salak. Antara lain, dengan adanya protein yang di dukung dengan adanya karbohidrat mampu memenuhi kebutuhan energi harian yang di butuhkan, membantu kinerja otot dan mengobati diare, serta disentri

Kopi biji salak (Npr.org)

Secangkir Kopi Biji Salak yang hangat ini dapat Anda nikmati di Warung Kebon Salak (WKS) di Jl Srikandi, Kelurahan Grogol, Kota Salatiga. Sesuai namanya, Warung Kebon Salak ini memang benar-benar berada di tengah ratusan pohon salak yang tumbuh subur di kebun. Kopi biji salak ini biasa dijual Rp 5.000 per gelas. Ada juga dalam bentuk kemasan atau bubuk yakni Rp 10.000 isi 30 gram, setara 6 porsi tuang.

Kopi Biji Salak (Khasiat)

Kamu juga bisa membuat kopi biji salak di rumah. Prosesnya cukup gampang, kok. Biji salak yang sudah dibersihkan dijemur terlebih dahulu. Setelah kering, biji salak disangrai hingga warnanya kehitaman. Setelah disangrai, biji kopi ditumbuk hingga menjadi bubuk halus. Bubuk itulah yang kemudian ia sebut sebagai kopi biji salak.

Biji salak (Khasiat)

Resep kopi biji salak:

Bahak:
100 gram biji salak pondoh

Langkah:

1. Biji salak yang sudah tua di cuci sampai bersih, kemudian dipotong-potong, lalu dikeringkan.
2. Setelah kering biji buah salak tersebut kita sangrai ( digoreng tanpa menggunakan minyak ) sampai benar – benar matang kira-kira sekitar 2 jam, Perhatikan jangan sampai gosong agar rasa kopi tidak pahit.
3. Biji salak yang telah di sangrai tersebut ditumbuk sampai halus.
4. Kemudian kita saring, guna memperoleh bubuk biji salak yang lembut berkualitas atau sesuai keinginan kita.
5. Bubuk biji salak tersebut, baru bisa kita buat menjadi kopi buah biji salak yang nikmat dan mantap.

Kopi biji salak (Bojonegoro)

6. Sajikan kopi biji salak.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers