Yuk Kunjungi Pulau Santen, Wisata Halal Bekas Lokalisasi

0

Beepdo.com, Jakarta – Kehadiran pantai halal di pulau Santen merupakan sebuah gebrakan baru dari Pemerintah Daerah Banyuwangi. Langkah ini memiliki potensi besar menyedot wisatawan lokal dan asing, terutama wisatawan Muslim.

Pulau Santen terletak di desa Karangharjo, sebelah selatan Stasiun Banyuwangi lama. Pantai ini berada dalam wilayah perairan Selat Bali. Dinamakan Pulau Santen karena didalamnya banyak ditumbuhi pohon yang dikenal oleh masyarakat Banyuwangi dengan nama pohon santen.

Pulau santen (Youtube)

Di Pulau Santen terdapat sungai yang berarus tenang mengalir sepanjang dua kilo meter lebih yang memisahkan Kota Banyuwangi dan pulau kecil Pulau Santen yang dikelilingi mangrove berusia lima sampai sepuluh tahun. Di tengah muara sungai terdapat sebuah delta yang membentuk pulau mangrove kecil. Dilihat dari jembatan tampak eksotis. Apalagi di sekitar delta itu akan ada beberapa warga sedang mencari kijing, sejenis kerang kecil.

Air sungai tampak terbelah oleh delta mangrove tersebut. Arusnya begitu tenang menuju muara. Cocok untuk diarungi dengan perahu kecil atau sepeda apung. Pengunjung bisa melihat ikan-ikan kecil di air yang jernih, binatang-binatang laut, dan burung yang hinggap di ranting tanaman bakau.

Wisata syariah Pulau Santen Banyuwangi. (BanyuwangiBagus)

Halal tourism merupakan konsep besar pengembangan destinasi, yang di antaranya ditandai dengan jaminan fasilitas halal. Seperti, makanan halal, tidak menjajakan alkohol, pemberitahuan waktu jelang beribadah (azan), tempat bersuci lengkap dengan fasilitas tempat ibadah, serta fasilitas berkonsep pemisahan antara laki-laki dan perempuan.

Warna warni pulau Santen, Banyuwangi (KSMTour)

Pulau Santen yang secara teritorial berada dalam gengaman aset TNI AD. Kawasan Pantai Pulau Santen yang berada di Kelurahan Karangrejo ini dulu sebagai lingkungan kumuh. Tak jauh dari gerbang masuk Pulau Santen, ada tempat prostitusi Pakem yang telah ditutup. Kini pulau ini mulai ditata. Saat ini dengan bertahap, Pantai Pandanaan di sisi selatan akan dikembangkan beach club for women. Desainnya sedang digarap sejumlah arsitek kondang.

Pulau Santen (GoodNewsFromIndonesia)

Populasi umat Islam di dunia sekitar 1,6 miliar jiwa, di Indonesia lebih dari 200 juta jiwa, dan terus bertambah. World Halal Tourisn Summit memprediksi, pada 2019, perputaran uang di industri halal tourism mencapai USD 238 miliar.

Hutan mangrove di Pulau Santen (BanyuwangiBagus)

Jadi, kapan nih, kamu berkunjung ke Pulau Santen dan menikmati pesona wisata halalnya?

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers