Berenang di Tirta Gangga, Persinggahan Raja Karangasem

0

Beepdo.com, JakartaTirta Gangga adalah sebuah taman wisata yang terletak di Karangasem, Bali. Sebelum menjadi tempat wisata di bali seperti sekarang ini, dulunya tempat ini adalah tempat persinggahan seorang Raja Karangasem.

Tirta Gangga pada awalnya di bangun oleh Seorang Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1946. Nama “Tirta Gangga” berasal dari dua suku kata, yaitu Tirta dan Gangga. Tirta berarti air suci, dan Gangga adalah sebuah nama sungai di India. Sesuai dengan namanya, di taman wisata ini memang terdapat sebuah kolam yang berisi air suci di dalamnya.

Tirta Gangga (WisataBali)

Taman ini sudah mengalami renovasi yang di lakukan oleh pemerintah setempat. Renovasi dilakukan karena sebelumnya taman ini pernah rusak yang disebabkan oleh letusan Gunung Agung. Meskipun sudah mengalami renovasi, Taman ini tidak kehilangan karakter khas nya sebagai bangunan tua peninggalan masa Kerajaan.

Tirta Gangga terdiri dari 3 bangunan utama yang menjadi karakternya, yaitu Kolam, Patung, dan Kebun. Kesemua bangunan tersebut memiliki makna yang tersirat. Taman yang memiliki luas 1,2 hektar ini dibangun memanjang dari barat ke timur di area persawahan.

Tirta Gangga Bali (GedeBaliCheapDriver)

Letaknya yang berada tepat di bawah kaki Gunung Agung, menjadikan lokasi ini sejuk dan nampak asri. Sehingga suasana di Tirta Gangga sangatlah pas untuk melepas lelah, baik lelah fisik maupun lelah pikiran yang diakibatkan aktivitas sehari hari yang melelahkan.

Dari pertama kali memasuki pintu gerbang utama, kamu akan disambut oleh beberapa patung yang seolah-olah berbaris layaknya prajurit. Selanjutnya, kamu dapat berjalan jalan di atas kolam melalui jalan setapak yang terbuat dari batu batu yang disusun berderet menyerupai jembatan. Batu batu yang disusun ini berbentuk segi enam.

Tirta Gangga Bali (BaliStarIsland)

Selain dapat berjalan mengitari kolam, wisatawan juga dapat berfoto foto baik selfie maupun pre-wedding. Bagian kolam ini memang paling pas untuk berfoto, karena selain view kolam yang natural, patung patung yang ada di dalam kolam juga akan mempercantik background foto dan nampak lebih memiliki berkarakter.

Tidak jauh dari kolam Tirta Gangga, terdapat sebuah taman kecil dimana di tempat tersebut ada sebuah menara air setinggi 10 meter. Menara ini berbentuk seperti atap pura, tapi bentuknya berlapis lapis.

Tirta Gangga (BaliIndividually)

Air di Kolam Tirta Gangga berasal dari dalam tanah, bukan air isi ulang seperti pada kolam renang pada umumnya. Menurut penduduk setempat, air ini adalah air suci yang biasa mereka gunakan ketika melakukan upacara adat.

Selain Kolam renang yang berisikan patung patung, wisata Tirta Gangga juga memiliki kolam renang yang memperbolehkan wisatawan untuk berenang disana. Kolam yang dapat digunakan untuk berenang adalah Kolam Air Sanih. Air di kolam Sanih sangat lah jernih, karena juga berasal dari sumber langsung. Area renang untuk anak anak dan orang dewasa sengaja dibedakan, karena kedalaman dari kolam renang ini berbeda beda.

Tirta gangga (Bali)

Jadi, kamu kapan ke sini? Tiket masuk Tirta Gangga Bali ini, relatif sangat murah, yaitu hanya Rp5.000 / orang. Jika anda ingin berenang di kolam renang Tirta Gangga, anda harus membayar lagi Rp. 6.000 / orang. Selamat berenang ya, guys.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers