Nikmati Hidangan Lezat Dari Kalimantan Utara, Provinsi Termuda di Indonesia

0

Beepdo.com, JakartaKalimantan Utara merupakan provinsi yang tergolong baru di Indonesia, diresmikan pada tanggal 25 Oktober 2012 dengan ibukota yaitu kota Tarakan. Letak provinsi termuda di Indonesia ini berbatasan langsung dengan Malaysia, bagian Sabah dan Serawak.

Keanekaragaman etnis yang berada di provinsi ini, mempengaruhi kuliner khasnya. Berikut adalah makanan khas Kalimantan Utara berserta dengan cemilan dan makanan tradisionalnya :

1. Lawa

Lawa (BambangPriantono )

Lawa merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan Utara yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat Kalimantan Utara. Makanan ini merupakan makanan khas Kerajaan Bulungan, salah satu kerajaan di daerah Kalimantan Utara. Makanan khas nan unik ini berbahan dasar dari beberapa bahan pokok dari sayuran yang menyegarkan seperti timun atau rumput laut. Bahan pokok tersebut kemudian di campur dan dibumbui kelapa sangrai dan udang galah. Masyarakat juga biasa mengganti udang dengan hasil laut lainnya seperti kerang-kerangan.

2. Kepiting Soka

Kepiting Soka (YouTube)

Kepting soka atau sering disebut dengan kepiting lemburi “ soft shell crab” adalah sebutan untuk kepiting yang dikonsumsi dengan keadaan kulit yang masih lunak karena baru berganti kulit atau moulting. Cangkang yang baru berganti masih dalam keadaan lembut sehingga dapat langsung dikonsumsi tanpa perlu untuk bersudah payah mengupasnya, tentu harus dimasak terlebih dahulu.

3. Tumis Kapah

Tumis Kapah (Cookpad)

Keppah merupakan bahan makanan yang mengandung banyak protein. Sangat cocok bagi kalian yang ingin memenuhi pasokan protein dalam tubuh. Kappah biasa disajikan dalam bentuk tumis kappah. Ditumis dengan beberapa rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa. Ditambah lagi dengan sambah jeruk nipis. Masyarakat juga kerap menikmati kuliner ini dengan es kelapa muda sebagai pelengkap.

4. Tudai

Tudai (PerpusDigitalBudayaIndonesia)

Tudai merupakan kerang berdaging tebal yang memiliki cangkang berwarna hitam dan jingga. Kalian dapat menemukan kerang ini di daerah Bulungan. Tudai biasa disajikan dengan direbus atau dijadikan sambal goreng. Makanan ini biasa disajikan pada acara-acara tertentu seperti pesta pernikahan. Selain itu, kalian juga dapat dengan mudah menemui kuliner ini di daerah tanjung Selor, Kalimantan Utara.

5. Sate Ikan Pari

Sate ikan pari (BlogDetik)

Sate ikan pari merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Utara yang sangat nikmat. Menu lauk ini juga sering digunakan sebagai menu pelengkap untuk nasi subut. Uniknya ikan pari yang menjadi bahan dasar pembuatan sate ini banyak tersedia di Sungai Sesayap yang merupakan sungai induk di bagian utara Kalimantan Timur.

Itulah 5 makanan khas dari Kalimantan Utara. Jangan lupa icip semuanya kalau ke sini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers