The Indonesia’s Amazon Ada di Pacitan

0

Beepdo.com, Jakarta – Karena keeksotisan dan keindahan panoramanya, Sungai Maron mendapat julukan Green Canyon-nya Pacitan dan juga “The Indonesia’s Amazon”. Hal itu dikarenakan sungai ini dipenuhi dengan ikan kakap merah dan pepohonan hijau di sisi sungai.

Sungai ini selalu menjadi destinasi favorit bagi mereka yang menginginkan wisata dengan panorama alam yang natural. Air sungai ini sangat jernih dan banyak ditumbuhi pohon kelapa di sisi sungai. Kedalaman Sungai mencapai 20 meter, untuk bagian yang paling dalam. Karena kejernihan airnya, tidak sedikit warga setempat yang memanfaatkannya sebagai kebutuhan sehari hari.

Sungai Maron, Pacitan (Vebma)

Kalau kamu ingin berkunjung ke Sungai Maron, sebaiknya saat cuaca cerah. Ketika sedang hujan, air Sungai Maron menjadi keruh dan suasana menjadi kurang bagus

Aktivitas seru yang umum dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke sungai ini adalah susur sungai dengan menyewa sebuah perahu yang disediakan oleh warga. Ketika menyewa sebuah perahu, kamu akan dipandu oleh pemilik perahu sekaligus ia yang akan mengemudikan serta mengantarkan perjalanan susur sungai hingga sampai. Perahu kecil yang digunakan untuk susur sungai tersebut cukup untuk menampung hingga 6 orang.

Sungai Maron, Pacitan (PiknikAsik)

Sungai Maron Pacitan berujung di sebuah muara pantai Ngiroboyo. Susur sungai dilakukan dengan menyusuri sungai sepanjang 4,5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Wisatawan yang ingin melakukan susur sungai, harus berjalan 20 meter dari lokasi pembayaran tiket menuju dermaga kecil dimana perahu perahu yang digunakan untuk susur sungai bersandar.

Kalau hanya untuk sekedar menikmati keindahan sungai, kamu cukup membayar tiket masuk Rp. 2.000 / orang. Namun jika kamu ingin menyusuri dengan menggunakan perahu, biaya sewa-nya sebesar Rp. 100.000 s/d Rp 150.000.

Sungai Maron, Pacitan (KesiniAja)

Di Sungai Maron Pacitan selalu diadakan event rutin setiap tahunnya, yaitu lomba dayung. Lomba dayung ini dilakukan di sepanjang sungai, dan berakhir di muara pantai Ngiroboyo, pantai yang ramai dengan aktivitas Water Tubing dan Surfing. Event lomba dayung masih cukup baru, Event ini pertama kali diadakan pada tahun 2012.

Untuk menuju ke sini, kamu dapat menempuh perjalanan ke Kabupaten Pacitan yang berjarak kurang lebih 100 km dari kota Solo. Jika kamu berangkat dari arah Solo maka keberangkatan berawal dari Jl. Raya Pacitan rute yang bisa kamu tempuh adalah menuju ke Kec. Pringkulu, Desa Darsono, Sungai Maron. Sungai ini cukup dekat dengan lokasi Pantai Klayar, tepatnya berada di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jadi ketika anda berkunjung ke sungai ini, anda juga dapat sekalian berlibur ke pantai Klayar.

Sungai Maron Pacitan (PusatInformasi)

Kondisi jalan menuju lokasi sedikit kurang bagus dan juga kondisi jalan cukup menanjak dan berkelok kelok. Untuk itu setiap wisatawan yang melintasi jalur tersebut selalu dihimbau untuk lebih berhati hati. Selamat berkelana di Sungai Maron, Pacitan, ya guys.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.8kFans
344Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers