Mengenal 10 Minuman Beralkohol Yang Wajib Kamu Tahu!

0

Beepdo.com, JakartaMinuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran.

Di berbagai negara, penjualan minuman beralkohol dibatasi ke sejumlah kalangan saja, umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu.

Kenali jenis-jenis minuman beralkohol di bawah ini yang memang paling sering dikonsumsi.

1. Rum

Rum (DreamDictionary)

Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang minuman beralkohol satu ini di mana rum ini dikenal sebagai hasil fermentasi serta distilasi dari air tebu atau molase. Bentuk dan rupa dari rum ini adalah cairan yang berwarna bening di mana ini adalah hasil distilasi. Rum akan mengalami pematangan ketika disimpan di dalam tong kayu.

Kadar alkohol pada rum tidaklah selalu sama dan ada 2 macam rum yang paling sering digunakan, yaitu Rum coklat keemasan, biasanya rum ini lebih sering digunakan untuk membuat kue atau memasak dan bisa juga sebagai campuran koktail. Rum putih, biasanya rum ini dipakai untuk campuran koktail.

2. Anggur (Wine)

Wine (TheIndependent)

Jenis minuman beralkohol ini pada dasarnya dibuat dari sari anggur khusus. Di mana jenis dari sari anggur tersebut adalah Vitis vinifera. Pembuatan anggur atau wine sendiri adalah melewati fermentasi gula yang terkandung pada buah anggur. Ada beberapa jenis dari minuman anggur atau wine. Antara lain, Fortified wine,
Sparkling wine, Red wine, Sweet wine. Kemudian, Rose wine, White wine.

3. Tequila

Tequila (BigDaddy’aLiquours)

Anda mungkin sudah tahu juga akan minuman beralkohol satu ini karena memang sudah tergolong populer. Tequila sendiri adalah hasil penyulingan atau distilasi yang dibuat dengan bahan utama tanaman agave. Penyajian tequila sendiri termasuk unik karena biasanya ditambah dengan jeruk nipis maupun garam.

4. Brendi

Brendi (Pixbay)

Anda juga pasti pernah mendengar tentang brendi di mana bahasa Inggrisnya adalah brandy dan sebetulnya berasal dari kata brandewijn dari bahasa Belanda. Minuman alkohol ini adalah salah satu dari hasil distilasi dengan kadar alkohol antara 40-60 persen. Tak hanya anggur, bahan baku brendi ini pun diketahui adalah pomace (fermentasi sari buah).

5. Wiski

Wiski (CheckInJakarta)

Dalam bahasa Inggrisnya, wiski ini juga disebut dengan istilah whiskey di mana ini merujuk pada kategori minuman beralkohol hasil fermentasi serealia dengan proses penghalusan atau mashing lalu dicampur air sebelum akhirnya dipanaskan. Melalui proses distilasi, hasilnya akan disimpan lebih dulu di dalam tong kayu untuk kemudian dimatangkan. Kadar alkohol diperkirakan antara 20-50 persen karena setiap produksinya akan berbeda.

6. Ciu

Ciu (Discovermarche)

Pernah mendengar ciu? Istilah lainnya yang paling sering dijumpai adalah ciu rantai di mana memang merupakan sejenis minuman beralkohol dari proses fermentasi ketela pohon cair yang sebenarnya berasal dari pembuatan tapai dan terbuang. Ciu ini sangatlah terkenal di daerah Jawa Tengah, Indonesia.

7. Tuak

Tuak (Steemkr)

Untuk minuman beralkohol satu ini, diketahui bahwa tuak ini adalah hasil fermentasi dari beras, nira atau buah serta bahan yang berkandungan gula. Untuk kadar kandungan alkohol di dalamnya, pada dasarnya tuak dibuat dengan kadar alkohol yang berbeda-beda dan daerah pembuatnya adalah yang menentukan hal tersebut.

8. Absinthe

Absinthe (BBC)

Anise atau perisa adas adalah nama lain dari minuman beralkohol ini. Bahan utama pembuatan minuman ini diketahui adalah apsintus atau istilah lainnya adalah wormwood. Pada minuman ini, proses pembuatannya rupanya menyuling alkohol bersama dengan daun pala, ketumbar, juniper, hisop, dittany, apsintus, fennel dan juga adas.

9. Vodka

Vodka (UrbanDrinks)

Tentunya minuman beralkohol satu ini juga sudah sangat terkenal di mana-mana karena kadar alkohol di dalamnya yang juga termasuk tinggi. Vodka sendiri berbentuk bening namun tidaklah berwarna dan didistilasi dari gandum yang sudah melewati proses fermentasi. Kandungan paling besar di dalamnya adalah alkohol dan air kecuali untuk beberapa perasa.

10. Sake

Sake (YouTube)

Saat mendengarnya, tentu yang terbayang di benak Anda adalah minuman beralkohol ini berasal dari Jepang. Minuman hasil fermentasi beras ini sudah sangat populer dan diistilahkan juga sebagai anggur beras. Sake sendiri dalam bahasa Jepang memiliki arti minuman beralkohol dan tampaknya menjadi minuman beralkohol yang sudah dikenal seluruh dunia.

Itulah 10 jenis minuman beralkohol. Ingat! Bila dikonsumsi berlebihan, minuman beralkohol dapat menimbulkan efek samping ganggguan mental organik (GMO), yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berprilaku. Timbulnya GMO itu disebabkan reaksi langsung alkohol pada sel-sel saraf pusat. Karena sifat adiktif alkohol itu, orang yang meminumnya lama-kelamaan tanpa sadar akan menambah takaran/dosis sampai pada dosis keracunan atau mabuk.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers