Makanan Koruptor Ternyata Paling Mahal

0

Beepdo.com, Jakarta – Jatah makanan narapidana koruptor ternyata paling mahal dibanding penjahat dengan kasus lain. Seluruh biaya makan itu ditanggung Anggaran Pendapata dan Belanja Negara (APBN).

Tahanan KPK mendapat jatah makan Rp 40 ribu per hari. Sedangkan tahanan di lingkungan kepolisian mendapat jatah Rp 30 ribu per hari. Sedangka para tahanan atau narapidana penghuni lapas di bawah Kemenkumham hanya dijatah makan Rp15 ribu per hari atau Rp 5.000 per sekali makan.

Biaya makan napi (BapanasNews)

Harga menu Rp5.000 per sekali makan belum termasuk potongan keuntungan katering dan pajak. Lalu bagaimana menu Rp 5.000 itu?

Dikutip dari berbagai sumber, salah satu tahanan yang enggan disebutkan namanya mereka dikasih bubur kacang hijau atau ubi rebus setiap pagi. Sedangkan untuk lauknya, tempe, ikan asin, telur asin, dan telur rebus. Sedangkan jika melakukan kerja ekstra, narapidana itu akan diberi bonus tambahan berupa puding. “Jatah sayur tauge pagi setiap tanggal 3, 13, dan 23. Jatah daging setiap tanggal 3, 5, dan 8,” ujarnya napi tersebut..

Mereka harus antre untuk mengambil makan. Tapi bagi yang bosan, banyak yang membeli makan di kantin atau makanan dari keluarga yang besuk. Sebab, seenak-enaknya menu makan di dalam LP/rutan, tetap lebih enak makan di luar LP/tahanan.

Menu makan di penjara (BeautyInWalkingAway)

Dirjen Pemasyarakatan I Wayan Kusmiantha Dusak mengatakan alasan biaya makan lebih murah dibanding tahanan korupsi, jatah uang Rp 15 ribu itu dibelikan bahan makanan untuk biaya makan tahanan dan narapidana selama satu hari. Bahan makanan itu diolah sendiri oleh pihak lapas.

“Saya rasa persoalannya kalau di KPK mereka dapat makanan yang matang. Kalau kita ini pembelian bahan makanan, yang masih dalam bahan makanan, sehingga kita yang mengolah. Jadi kalau ada perbedaannya, tentu perbedaannya dari sistem pengolahan itu,” tutur dia.

Antri ambil makan di Rutan (Bapanas)

Dusak menampik soal nominal menu makanan yang dianggap ‘irit’ tersebut. Dia menyebut uang Rp 15 ribu sudah cukup memenuhi kebutuhan narapidana. Bahkan ia mengatakan uang sebesar itu, sudah manusiawi dari kandungan gizi yang diberikan, bukan kandungan harga. “Sesuai ketentuan, Kementerian Kesehatan dan ilmu gizi bahwa tiap orang butuh tiap hari 2.500-2.700 kalori. Karena mereka ini, napi, ruang geraknya terbatas, maka diberikan 2.200 kalori,” kata Dusak.

Makan di penjara (TravelKompas)

Sekedar informasi, tahanan yang ditangani rutan di bawah Kemenkumham antara lain napi kasus pencopetan, narkoba, dan tindak pidana konvensional lain. Kalau coba makan makanan terpidana sih boleh saja, tapi makannya jangan di penjara juga, ya guys!.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers