Berpetualang ke Danau Gunung Tujuh Kerinci, Kaldera di Asia Tenggara

0

Beepdo.com, Jakarta Danau Gunung Tujuh Kerinci terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, tepatnya berada di puncak Gunung Kerinci, Jambi. Danau Gunung Tujuh yang mendapatkan predikat salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dan merupakan situs warisan dunia UNESCO. Luar biasa.

Danau Gunung Tujuh Kerinci menyimpan sejuta eksotisme yang bisa membuat mata terasa segar. Ketika kamu mengunjungi tempat ini, kamu tidak akan merasa kecewa, justru sebaliknya anda akan merasa betah dengan suasana yang nyaman tersebut.

Pemandangan Alam Danau Gunung Tujuh (Indonesiaku)

Danau ini berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut dan merupakan danau yang berada diketinggian nomor dua di Indonesia setelah 13 Danau-danau kecil yang terdapat di Gunung Talamau Sumatera Barat di ketinggian 2750 m dpl. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer dpl itu bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan sendiri bagi para pendaki.

Kemah di Danau Gunung Tujuh (YoniElviandri)

Danau Gunung Tujuh merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari proses letusan gunung api yaitu Gunung Tujuh, sehingga membentuk kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan dan tercipatalah sebuah danau yang mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satunya bermuara di Sungai Batanghari. Penamaan Danau Gunung Tujuh tersebut juga karena dikelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya, di antaranya Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 meter), Gunung Madura Besi (2.418 meter), Gunung Lumut dengan berbagai jenis lumut (2.350 meter), Gunung Selasih (2.230 meter), Gunung Jar Panggang (2.469 meter) dan Gunung Tujuh (2.735 meter).

Air yang ada di dalam danau sangat lah jernih dan bersih dan ditambah dengan suasana yang sejuk di sekitar danau. Selain menjadi tempat wisata favorit bagi masyarakat Jambi, danau ini juga di manfaatkan sebagai tempat untuk mencari ikan oleh warga setempat. Bahkan tak jarang, lokasi ini dijadikan untuk berkemah.

Danau Gunung Tujuh Kerinci (Wikipedia)

Danau yang memiliki julukan “Danau Para Dewa” ini menyimpan berbagai cerita mitos dan Legenda. Berdasarkan sumber yang diperoleh dari pernyataan warga setempat. Danau ini dihuni oleh mahkluk halus yang berwujud harimau dan sepasang naga. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, yang jelas danau ini memiliki sejuta keindahan yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata saat liburan tiba. Jadi jika anda berkunjung ke Jambi, coba sempatkan untuk datang ke wisata ini.

Danau Gunung Tujuh Kerinci (Waididudidam)

Untuk menuju lokasi danau, dari pusat Kota Jambi kurang lebih memakan waktu 3,5 jam perjalanan. Jika berangkat dari Kota Jambi, rute yang kamu tempuh adalah menuju Desa Pelompek. Nah Desa Pelompek ini merupakan desa dimana Gerbang Masuk Taman Nasional Kerinci berada.

Pesona Danau Gunung Tujuh Kerinci, “Danau Para Dewa” di Jambi (AiryRooms)

Sesampainya di pintu gerbang tersebut, kamu harus melanjutkan lagi dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang menuju lokasi. Perjalanan melintasi jalur setapak ini kurang lebih membutuhkan waktu 2 jam perjalanan. Selamat berpetualang di Danau Gunung Tujuh.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers