Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Kamu, Bila Kurangi Konsumsi Gula

0

Beepdo.com, Jakarta – Berdasarkan data yang didapat dari Amerika Serikat, pada tahun 2008, orang-orang mengkonsumsi lebih dari 60 pon (28 kg) gula olahan per tahun dan angka ini belum termasuk jus buah. Pada tahun 2008, konsumsi gula olahan rata-rata adalah 76,7 gram per hari, yang setara dengan 19 sendok teh atau 306 kalori. Bagaimanapun juga, tingkat konsumsi gula terkini masih terlalu tinggi dan merupakan faktor utama dalam penyebab kegemukan serta penyakit.

Lalu, berapakah Jumlah yang Aman untuk Konsumsi Gula Per Hari?

Sayangnya, tidak ada jawaban yang sederhana untuk pertanyaan ini. Beberapa orang bisa mengkonsumsi gula tanpa menyebabkan gangguan kesehatan, sementara beberapa orang lainnya malah justru sebaiknya menghindari gula sebisa mungkin. Berdasarkan American Heart Association (AHA), jumlah maksimum dari gula olahan yang sebaiknya anda konsumsi dalam satu hari adalah, yaitu pria 150 kalori per hari (37,5 gram atau 9 sendok teh), dan wanita 100 kalori per hari (25 gram atau 6 sendok teh).

Nah, jika kamu mengurangi konsumsi gula, maka beberapa penyakit ini bisa perlahan sembuh.

1. Penyakit autoimun

Gula halus (Cookpad)

Konsumsi gula diketahui bisa meningkatkan peradangan di tubuh. Gula juga menyebabkan perubahan mikrobiota di usus, merusak kesehatan pencernaan, dan membuat penyakit autoimun memburuk. Dengan mengurangi konsumsi gula, maka akan terjadi penurunan peradangan dan gangguan autoimun di tubuh.

2. Risiko resistensi insulin

Gula (HelloSehat)

Konsumsi gula berlebih terbukti dapat menyebabkan resistensi insulin dimana sel tidak bisa merespon insulin dengan baik. Hal ini bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan gangguan metabolisme lainnya. Maka saat kamu tidak mengonsumsi gula, maka hal sebaiknya akan terjadi.

3. Hati berlemak

Hati berlemak (PantanganMakanan)

Hati berfungsi untuk metabolisme fruktosa yang bisa menyebabkan akumulasi lemak. Jadi, jika kamu membatasi konsumsi gula, maka risiko hati berlemak dan meradang akan berkurang.

4. Penyakit jantung

Jantung (HelloSehat)

Selain lemak, sudah terbukti bahwa konsumsi gula berlebih bisa menyebabkan masalah jantung. Sebab gula bisa menyebabkan peningkatan LDL atau kolesterol jahat yang kemudian menyempitkan arteri. Sehingga dengan tidak makan gula putih, kamu akan terbebas dari penyakit jantung.

5. Obesitas

Obesitas(CidahuNews)

Gula sangatlah rendah nutrisi namun tinggi kalori. Sehingga mengonsumsinya secara berlebihan bisa menyebabkanmu terkena obesitas.

Itulah 5 fakta yang akan terjadi apabila kamu mengurangi konsumsi gula. Sangat dianjurkan untuk memilih makanan yang alami dan hindarilah makanan olahan yang mengandung kadar gula tinggi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers