Tips Mengolah Daging Yang Sehat

0

Beepdo.com, JakartaDaging merupakan sumber vitamin B dan mineral seperti zinc, fosfor, dan zat besi yang baik dan penting untuk tubuh. Selain itu, dalam 100 gram daging sapi terkandung sekitar 15 gram lemak (jenuh, tak jenuh tunggal, dan tak jenuh rantai ganda) dan 26 gram protein.

Protein dari daging sapi dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan pembentukan tubuh. Namun jika berlebihan, tentu juga tidak baik. Selain itu, kamu juga wajib berhati-hati dengan makanan ini. Sebab daging bisa membahayakan kesehatan jika kamu mengonsumsi daging yang terlalu berlemak atau memasak dengan cara yang salah.

Dilansir dari thehealthsite.com, berikut adalah tips memasak daging agar lebih ramah bagi kesehatan tubuhmu.

1. Pilih yang sedikit lemaknya

Daging tanpa lemak (Kementan)

Ketika sedang berbelanja daging, pilih yang memiliki sedikit lemak. Sebab kandungan lemak tinggi dalam daging telah lama dikaitkan dengan peningkatkan risiko penyakit diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, berhati-hatilah pula dengan kulit ayam broiler yang menyimpan lemak tersembunyi di baliknya.

2. Tambahkan sedikit garam

Bumbui daging dengan sedikit garam (WajibBaca)

Saat membumbui daging, pilih rempah-rempah alami daripada bumbu kemasan. Sebab bumbu ini juga mengandung garam tersembunyi. Kemudian, perhatikan pula penambahan garam di dalam masakanmu.

3. Masak dengan sedikit minyak

Atur penggunaan minyak agar tidak berlebihan (InsideSteve_Fanus)

Ketika memasak, gunakan sedikit minyak atau mentega saat memasaknya. Sebab daging sendiri sudah berlemak. Sehingga menambahkan mentega atau minyak, malah akan melipatgandakan jumlah lemak di dalamnya.

4. Simpan di suhu yang tepat

Simpan daging dalam lemari pendingin (WikiHow)

Cara menyimpan daging sapi juga harus diperhatikan. Taruh daging sapi di kulkas bersuhu 1°Celcius atau di freezer bersuhu -18°Celcius segera setelah membelinya. Hal ini guna menjaga daging tetap segar, mempertahankan nutrisi, dan memperpanjang umur simpan makanan. Jika disimpan di kulkas, daging sapi mentah sebaiknya hanya disimpan selama satu atau dua hari sedangkan daging sapi masak dapat bertahan selama tiga hingga empat hari.

Apabila disimpan dalam freezer, daging sapi mentah bisa bertahan hingga tiga atau empat bulan, sedangkan daging sapi matang dua hingga enam bulan. Jika menyimpan daging sapi selama lebih dari dua minggu, bungkus atau masukkan daging dengan kertas alumunium foil, kertas pembeku, atau tas pembeku. Jika ingin mencairkan daging sapi yang beku, taruh dalam lemari es untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Itulah 4 tips mengolah daging yang sehat. Baik daging merah atau daging putih, tinggi akan zat besi yang penting untuk mendukung kesehatan tubuhmu. Agar kamu mendapatkan manfaat sehatnya secara lebih maksimal, maka perhatikan cara mengolahnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers