Wonogiri Punya Museum Karst Terbesar di Asia Tenggara

0

Beepdo.com, Jakarta – Untuk menarik wisatawan menuju Wonogiri, telah dilakukan berbagai terobosan. Salah satunya dengan membangun museum karst dunia di Gebangharjo Pracimantoro Wonogiri. Museum diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010 yang lalu.

Kawasan kars gunung sewu ini membentang antara pantai Parangtritis, di kabupaten Bantul hingga teluk Pacitan di kabupaten Pacitan. Namun,secara administratif kawasan yang berada di kabupaten Wonogiri ini terletak di sebagian besar kecamatan Paranggupito, Giritontro, Pracimantoro, Giriwoyo dan kecamatan Eromoko.

Museum Karst, Wonogori diresmikan tahun 2010. (Andityadewigha)

Luas kawasan kars sekitar 18,6% dari luas wilayah kabupaten Wonogiri. Bentang alam karst di wilayah kabupaten Wonogiri disusun oleh aneka bangun asal-pelarutan yang melibatkan batu gamping.

Gejala pelarutan atau yang lebih dikenal dengan karstifikasi itu berkembang di permukaan(eksokarst) dan di bawah permukaan(endokarst). Di kawasan karst dapat ditemukan adanya karren, bukit-bukit kerucut, sinusoida, pematang, pepino, doplina,uvala, polje, telaga, lembah kering sungai Bengawan Solo purba, ponora, gua dan lain sebagainya.

Museum Karst, Wonogiri (Kompasiana)

Karst atau Kars adalah sebuah sebutan yang berasal dari bahasa Bosnia, albania dan sekitarnya yang dulu negara tersebut bernama Yugoslavia. Karst sendiri terdiri dari beberapa sedimen yang gampang larut atau sering kita sebut batuan gamping.

Tidak hanya semata-mata tentang karst. Tetapi di dalam museum karst ini, kamu juga dapat mengenal manusia-manusia purba yang hidup di area goa-goa karst dan kita juga di suguhkan film tentang karst agar kita semakin paham seperti apa Karst itu.

Museum Karst, Wonogiri (ESDM.go.id)

Untuk mencapai lokasi museum Karst ini bisa dibilang cukup mudah, karena lokasinya berada di dekat jalan utama Pracimantoro. Jalannya juga cukup bagus karena termasuk jalan untuk menuju ke pacitan Jawa Timur. Kalau kamu dari Solo paculah kendaraanmu menuju Sukoharjo, Wonogiri, Pracimantoro dan kamu akan menemukan Museum Karst Indonesia.

Tiket masuk museum Karst ini bisa dibilang murahnya sangat kebangetan. Untuk tiket masuk di hari biasa kalian hanya merogoh kocek sebesar Rp 2.100 saja. Sedangkan hari minggu kalian harus membayar Rp 3.100.

Museum Karst, Wonogiri (BackpackerJakarta)

Disarankan membawa kendaraan pribadi untuk mengunjungi tempat ini, karena lokasinya jauh dari penduduk dan sedikit angkutan umum. Jika kalian terpaksa menggunkan angkutan umum seperti bus kalian bisa memanfaatkan jasa ojek untuk mengantar kalian ke museum Karst ini.

Museum Karst (OmClassic)

Tidak ada salahnya mencoba obyek wisata yang memiliki tingkat edukasi yang tinggi seperti Museum Karst Indonesia ini. Selamat Berlibur.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers