1.129 Tatung Meriahkan Cap Go Meh di Singkawang, Ini Makna Tatung Bagi Orang Tionghoa

0

Beepdo.com, Jakarta – Kemeriahkan Festival Cap Go Meh (CGM) 2018 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, dimeriahkan dengan 1.129 tatung. Atraksi dimulai sejak pukul 07.00 WIB, mereka berkumpul di halaman Kantor Walikota Singkawang, Jalan Firdaus dan akan meneruskan rute menuju Jalan Diponegoro.

Kemudian, lanjut dia, peserta pawai tatung dari Jalan Diponegoro berbelok ke arah Jalan Sejahtera, kemudian langsung ke Jalan Budi Utomo, melewati Jalan Salam Diman, Jalan Setia Budi, berbelok ke Jalan Niaga. “Finish-nya di Jalan Pai Bakir tempat altar utama

Tatung MarischkaPrudence)

Tatung merupakan salah satu pemandangan yang unik setiap perayaan Cap Go Meh di Singkawang. Lalu, apa sih sebenarnya tatung itu?

Tatung merupakan sosok manusia yang menurut beberapa kepercayaan sedang dirasuki roh dewa. Kata ‘tatung’ sendiri diberasal dari bahasa Hakka, yang berarti roh dewa, lalu diserap menjadi bahasa masyarakat lokal.

Sebelum menggelar perayaan, para tatung terlebih dahulu melakukan sejumlah prosesi yang dimulai dengan ritual puasa dari makanan daging alias vegetarian. Puasa daging tersebut dilakukan pada tanggal satu dan 15 setiap bulannya pada penanggalan China.

Tatung di Singkawang. (Youtube)

Konon jika seorang yang memiliki potensi tatung tetap makan daging di tanggal tersebut akan celaka saat memeragakan keahlian. Setelah rutin puasa tersebut, di pagi hari saat Cap Go Meh mereka akan melakukan ibadah khusus di tempatnya masing-masing. Seperti di pekong untuk konghucu dan tempat ibadah dayak untuk suku dayak sendiri.

Dari sana, mereka dibawa menuju panggung kehormatan Cap Go Meh dengan kondisi sudah ditusuk benda tajam. Selama orang tersebut menjadi tatung harus tetap didampingi mediatornya. Fungsinya untuk berkomunikasi dengan roh yang merasukinya.

Tatung (TravelBlog)

Dewa yang ada di dalam tatung bisa keluar masuk kapanpun ia mau saat perayaan tersebut. Biasanya, seorang tatung sudah mengetahui jika dewanya ingin keluar jadi harus turun dari tandu berkursi pedang yang ia duduki. Biasanya, menjelang dzuhur, roh dewa sudah keluar dari orangnya. Kalau belum sampai lokasi akhir, mereka akan tetap ke sana tapi tak diatas tandunya, melainkan jalan dan sudah menjadi manusia biasa.

Tatung (YouTube)

Tatung memang asalnya dari salah satu kebudayaan Tionghoa, dibawa ke Indonesia dan berbaur dengan budaya lokal. Sebagai pesta kebudayaan, pawai tatung memiliki sisi ritual religi yang cukup kental dan mencerminkan pembauran kepercayaan Taoisme kuno dengan animisme lokal yang hanya terdapat di Kota Singkawang.

Tatung (IndonesiaKaya)

Tertarik untuk melihat kesaktian tatung di Singkawang? Mungkin bisa merencanakan untuk liburan tahun depan, tentunya pada saat perayaan Cap Go Meh.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers