Pantai Watu Ulo, Pantai Yang Dikuasai Raja Naga

0

Beepdo.com, JakartaPantai Watu Ulo adalah salah satu rangkaian dari pantai selatan yang berada di Kota Jember. Pantai ini selalu dipenuhi wisatawan ketika hari libur. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berasal dari luar daerah.

Nama Pantai Watu Ulo berasal dari bahasa Jawa, yaitu “Watu” yang berarti Batu dan “Ulo” yang berarti Ular. Jadi Pantai Watu Ulo dapat diartikan sebagai Pantai Batu Ular. Dan yang melatarbelakangi penyebutan nama Watu Ulo sendiri tidak lain karena Batu panjang menyerupai bentuk ular di sisi pantai yang menjorok ke laut.

Tempat Wisata Pantai Watu Ulo Jember Jawa Timur (IslamCendekia)

Banyak sekali kisah kisah mistik tentang pantai yang berada di selatan pulau Jawa ini. Cerita ini beredar luas sehingga banyak orang yang meyakini dari kisah mistis tersebut.

Ada yang mengatakan bahwa pantai ini dulunya dikuasai oleh Sesosok Ular raksasa yang bernama Nogo Rojo. Nogo Rojo dalam bahasa Indonesia berarti “Raja Naga”. Dan Nogo Rojo tersebut bertarung dengan penduduk setempat karena perebutan wilayah. Nogo rojo pun akhirnya berhasil dikalahkan dan tubuhnya dibelah menjadi tiga. Batu bersisik yang menyerupai ular inilah yang akhirnya dipercaya sebagai potongan dari tubuh Nogo Rojo Yang terbelah.

Pantai Watu Ulo (Triptus)

Di sisi lain ada yang mengkisahkan versi yang berbeda, dimana sosok Nogo Rojo adalah utusan Ajisaka yang hingga saat ini masih ada di pantai tersebut untuk bertapa dengan tubuh yang sudah tidak lengkap, dimana kepala dari Nogo Rojo berada di Banyuwangi sedangkan yang berada di Pantai Watu Ulo adalah bagian badan dan ekornya.

Di Pantai Watu Ulo selalu diadakan kegiatan rutin pada saat hari raya Idul Fitri. Tepatnya Pada tanggal 7 bulan syawal selalu digelar sebuah ritual “Larung Sesaji”. Larung sesaji adalah sebuah ritual melemparkan sesaji ke dalam laut dengan menggunakan sebuah perahu. Larung sesaji ini adalah bentuk dari rasa syukur masyarakat setempat.

Sesajen yang terdapat pada batu di Pantai Watu Ulo)

Menjadi keistimewaan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung pada saat perayaan tersebut. Selain melihat langsung ritual yang dilakukan, kamu juga akan disuguhi berbagai macam hiburan yang menarik dan “hunting” kerajinan tangan khas masyarakat setempat pada keesokan harinya.

Untuk mencapai Watu Ulo, kamu harus menepukan desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu, Jember. Jarak Pantai dari pusat kota Jember adalah 40 km. Untuk sampai ke lokasi wisata, dapat ditempuh dari 2 arah, yaitu dari timur (Banyuwangi) dan dari Barat (Lumajang).

Selain Batu Ular, kamu juga akan disuguhan deretan pulau-pulai kecil ditengah laut dan gunung-gunung yang berbaris disepanjang pantai menjadikan pemandangan di Pantai Watu Ulo semakin indah. Pantai Watu Ulo tidak hanya ramai pada siang hari saja, akan tetapi pada malam hari pun pantai ini selalu dipenuhi dengan aktivitas para wisatawan yang bermalam.

Pantai Watu Ulo (EastJaya)

Selain dilengkapi dengan tempat bermain juga disediakan area untuk berkemah. Sehingga para wisatawan yang ingin berlama -lama bersantai dan menikmati suasana pantai Watu Ulo dapat bermalam dengan berbekal sebuah tenda. Tertarik untuk mengunjungi Pantai Watu Ulo, guys?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers