Ada Monas di Jambi, Seperti Ini Bentuknya

0

Beepdo.com, JakartaJambi berada di pesisir timur Pulau Sumatera. Salah satu wilayah yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya ini, tentu tak mengherankan jika ditemukan kompleks candi besar di sini.

Namun, Jambi tak hanya mengenai peninggalan Kerajaan Sriwijaya saja. Di sini, ada banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya, Tugu Monas Jambi. Mirip sekali dengan yang ada di Jakarta.

Jika berada di Jambi, sempatkan waktu kamu untuk datang ke tempat wisata ini supaya dapat mengenal Jambi lebih dekat. Berikut 5 tempat wisata di Jambi yang wajib kamu kunjungi:

1. Candi Muaro Jambi

Komplek Candi Muara Jambi (Bello)

Ditemukan oleh S.C Crooke, seorang letnan Inggris, pada tahun 1820, Candi Muaro Jambi kemudian dipugar oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1975. Sampai saat ini, terhitung ada 61 buah candi yang sebagian besar masih tertutup tanah. Kompleks candi ini disebut sebagai candi beraliran Buddhisme peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu.

2. Tanggo Rajo

Suasana malam di Tanggo Rajo, Jambi (JambiKota)

Tanggo Rajo ini tak berbeda jauh dengan Taman Alun-alun Kapuas atau Pantai Losari yang menawarkan wisata kuliner di tepi perairan. Tempat wisata di Jambi yang banyak dikunjungi pada sore dan malam hari ini ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera.

3. Monas Jambi

Monas Jambi (NuansaJambi)

Ternyata, Monas atau Monumen Nasional tak hanya dimiliki oleh Jakarta saja. Di Jambi, ada replika monumen ini, tepatnya di bundaran kompleks pemerintah kota. Monas ini menjadi salah satu tempat wisata di Jambi yang banyak didatangi pengunjung untuk membuktikan kemiripannya dengan Monas di Jakarta. Jika dilihat sekilas, Monas Jambi ini memang mirip bentuknya, hanya saja berukuran lebih kecil. Hal lain yang membedakan adalah adanya empat buah jam dinding di setiap sisinya dan empat buah ukiran berbentuk angsa di bawahnya.

4. Danau Sipin

Danau Sipin (Dewinovriana)

Danau Sipin dikenal juga dengan Solok Sipin oleh warga setempat. Kata ‘solok’ dalam bahasa setempat berarti danau. Danau ini berada di Simpang Baluran Kenali, Kecamatan Telanaipura. Selain sebagai salah satu tempat wisata di Jambi, danau ini merupakan tempat budidaya ikan air tawar seperti ikan mujair dan nila. Di tengah danau, kamu bisa melihat banyak keramba dan jala milik nelayan. Jika ingin melihat aktifitas nelayan dari dekat, kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau. Perahu tersebut bisa menampung 3 sampai 4 orang dengan biaya sewa 5.000 Rupiah per orang. Puas berkeliling dan merasa lapar? kamu bisa mampir ke deretan warung makan yang ada di sekitar danau. Ikan yang dimasak pun dijamin segar karena merupakan hasil tangkapan baru nelayan setempat.

5. Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman Anggrek Sri Soedewi (Minnpost)

Taman anggrek ini berada di Jalan Ahmad Yani atau di depan kantor gubernur Jambi. Tempat wisata ini menyediakan informasi mengenai cara perawatan anggrek yang baik dan tepat sesuai dengan jenisnya. Tempat wisata di Jambi ini banyak didatangi penggemar bunga dari dalam maupun luar kota. Anda bisa menemukan lebih dari 60 jenis bunga anggrek di taman seluas 2,5 hektar ini. Untuk bisa melihat secara langsung bunga-bunga cantik ini, Anda akan dikenakan biaya 2.000 Rupiah untuk dewasa dan untuk anak-anak 1.500 Rupiah.

itulah 5 destinasi wisata di Jambi. Yuk berakhir pekan ke sini, end jangan lupa ajak orang-orang yang kamu sayangi, ya guys.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers