absolutely free online hookup sites free gay hookup sites gay male sex hookup sites my virtual girlfriend app sex hookup sex tape

Tak Hanya di Jawa, Sumatera Ternyata Punya 5 Candi Ini

0

Beepdo.com, Jakarta – Pastinya kamu tau dong tentang dua candi terkenal di Indonesia. Apalagi kalau bukan candi Borobudur dan candi prambanan. Memang hanya kedua candi ini yang sangat terkenal di Indonesia, dan kedua candi ini juga ada di pulau jawa.

Tetapi ternyata candi tidak hanya berada di pulau jawa saja loh. Berikut beberapa candi yang ada di pulau Sumatera :

1. Candi Muara Takus

Candi Muara takus (WisataPriangan)

Candi muara takus adalah situs candi budha yang terletak di desa muara takus, kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Jaraknya dari ibukota provinsi sekitar 150 km. Konon candi muara takus adalah candi terbesar di sumatera. Kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter. Sementara candi sendiri berukuran 7 x 7 meter. Di luar areal kompleks, terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini sampai ke pinggir sungai Kampar Kanan.

Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka. Belum ada yang tahu pasti kapan candi ini dibangun, namun kemungkinan candi ini telah ada sejak zaman keemasan sriwijaya.

2. Candi Muaro Jambi

Komplek Candi Muara Jambi (Bello)

Kompeks percandian muaro jambi terletak di kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro, Jambi. Kompleks percandian ini adalah yang terluas se Asia Tenggara. Bahkan, lebih luas di bandingkan Borobudur, mungkin juga Angkor Wat di Kamboja. Candi ini diperkirakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan melayu, perkiraan pembangunannya adalah pada tahun 11 m.

Kompleks percandian ini mempunyai luas 12 Km persegi. Panjang lebih dari 7 Km di sepanjang sungai Batang Hari yang berisi 61 candi yang sebagian besar belum di restorasi. Tempat ini sepertinya wajib dikunjungi bagi orang-orang penyuka sejarah dan peninggalan masa lalu.

3. Candi Bahal

Candi Bahal (HarianAnalisa)

Candi Bahal atau juga bisa disebut Biaro bahal dan candi portibi ini terletak di Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Portibi Kabupaten Tapanuli Selatan. Berjarak sekitar 400 km dari kota Medan. Candi Bahal terdiri dari 3 kompleks yaitu candi bahal I, candi bahal II dan candi bahal III. Seluruh bangunan candi terbuat dari Bata merah. Candi ini diberi nama berdasarkan nama desa tempat bangunan ini berdiri. Selain itu nama Portibi dalam bahasa Batak berarti ‘dunia’ atau ‘bumi’ istilah serapan yang berasal dari bahasa sansekerta: Pertiwi (dewi Bumi).

4. Candi Lesung Batu

Candi Lesung Batu Sumatera Selatan (InformasiSitusBudayaIndonesia)

Situs ini merupakan sebuah tinggalan budaya dari masa klasik yaitu Hindhu-Budha di Indonesia. Candi tersebut terletak di perkebunan karet, daerah Musi Rawas, Sumatera Selatan. Kondisi Candi Lesung Batu saat ini masih berupa gundukan tanah yang dibagian permukaannya terdapat sebaran bata kuno. Artefak yang pernah ditemukan di candi ini antara lain berupa Yoni, pecahan keramik asing, struktur bata yang saat ini kondisinya sudah sangat rapuh. Perelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa di sekitar candi tersebut juga ditemukan struktur bata yang kemungkinan merupakan pagar pembatas.

5. Candi Tandihat

Candi Tandilihat (InsideYudie)

Candi Tandihat terletak di terletak di Kecamatan Barumun Tengah Kab. Padang Lawas. Sumatera utara. Bangunan bersejarah ini terdiri dari 3 kompeleks yaitu tandihat 1, tandihat 2 dan tandihat 3. Sayang, bangunan candi Tandihat kurang mendapat perhatian pemerintah.

Itulah 5 candi yang ada di Sumatera. Bagi para pecinta sejarah, seperti kamu wajib ke sini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers